Kecelakaan di Seri Perdana MotoGP 2020 Spanyol, Dokter Jelaskan Cedera Marc Marquez

Oleh Redaksi Otosia pada 20 Jul 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 20 Jul 2020, 16:45 WIB
Marc Marquez (HRC)
Marc Marquez (HRC)

Otosia.com Tiga lap menjelang finish, pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez mengalami high-side di Turn 3. Juara Dunia MotoGP delapan kali itu gagal podium dan kini mengalami cedera pada tulang lengan atas.

Sebelumnya, Marquez sudah keluar lintasan hingga membuat dirinya ada di posisi 17. Dia berjuang lagi hingga berada di posisi 3 sebelum akhirnya mengalami kecelakaan.

Tim Repsol Honda mengonfirmasi bahwa Marquez mengalami patah tulang humerus atau lengan atas. Marquez juga harus menjalani operasi di Barcelona, besok, Selasa (21/7/2020).

"Marquez akan menuju ke Rumah Sakit Universitas Dexeus di Barcelona, Senin 20 Juli 2020 dan diperasi oleh doketer Xavier Mir dan timnya pada Selasa, 21 Juli 2020. Belum diketahui untuk waktu pemulihannya, Repsol Honda Team akan memberikan kabar terbaru setelah operasi," begitu pernyataan dari Repsol Honda Team.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/tys)

Cedera Akibat Hantaman Ban

Cedera Akibat Hantaman Ban

Sementara itu, tim medis MotoGP sudah mengonfirmasi bahwa tak ada trauma kepaa atau toraks serius lainnya. Tetapi Marquez tetap di bawah pengawasan selama 12 jam.

Meski begitu, tim dokter mengatakan bahwa cedera yang dialami Marquez relatif tidak berbahaya. Spesialis Traumatologi MotoGP, dr. Mir mengungkapkan bahwa cedera yang dialami Marquez kemungkinan dari dampak langsung ban yang menghantam lengan kanan sehingga menyebabkan patah tulang pada batang humerus.

"Fraktur, meskipun tidak sepenuhnya tergeser, dengan beberapa kemungkinan kelumpuhan saraf radial, meskipun kami tidak yakin," ungkapnya dalam video yang diunggah MotoGP.com.

Absen Balapan

Sedangkan Direktur Medis MotoGP, dokter Charte menyarankan Marquez bisa kembali balapan di seri Brno atau bahkan di Austria.

"Kami tidak bisa mengatakan secara absolut jika dia bisa balapan di seri berikutnya atau Brno atau Austria. Ini bukan saatnya, kita akan membicarakannya lagi minggu depan," katanya.

Ekpektasi Tak Sesuai Realita

Twitter/marcmarquez93

Pembalap asal Spanyol itu juga membagikan potretnya dengan perban yang membebat lengan sisi kanannya hingga ke bahu. Marc Marquez menuliskan bahwa ekspektasinya tak melulu bisa direalisasikan. Hal terpenting adalah segera bangkit dan beranjak.

"Sometimes thing don"t go as you expect but the most important thing is to get back up and move on. I hope you enjoyed the comback! Now I"ll have an operation to fix the fracture of my right humerus. I promise you all that I will come back as soon as possible and even stronger," tulis Marquez di akun Twitter @marcmarquez93.

Next

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya