Canggih, Piston Mobil SUV Ini Dicetak Pakai 3D-Printing

Oleh Redaksi Otosia pada 17 Jul 2020, 19:15 WIB
Diperbarui 17 Jul 2020, 19:15 WIB
Mesin BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition (BMW)
Mesin BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition (BMW)

Otosia.com Teknologi 3D-printing atau mencetak sebuah benda 3 dimensi merupakan suatu kemajuan. Biasanya, proses manufaktur ini digunakan untuk membuat prototype dari suatu mekanisme atau pun bangunan lantaran dinilai lebih presisi.

Tapi, BMW membawa 3D-printing ke level yang berbeda. Pabrikan asal Jerman itu memanfaatkan teknologi tersebut untuk mencetak piston dari BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang dirilis di Indonesia pada Kamis kemarin (16/7).

Pihak BMW Group Indonesia menyebut bahwa teknologi pencetakan 3D ini telah memangkas bobot inti kepala piston. Selain itu, sistem pendinginannya dapat dialihkan dengan cara mengoptimalkan manajemen suhu.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/crn)

Next

Canggihnya lagi, dinding silinder sepasang SUV mewah tersebut juga dilapisi besi yang disemprot dengan cara teknik wire-arc. Efeknya, tentu ada pengurangan bobot dan gesekan sehingga performa mesin lebih bertenaga, namun tetap stabil.

Sekadar informasi, BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition mengusung mesin 6-silinder 2.993 cc bi-turbo mono-scroll. Dapur pacu ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 510 hp dan torsi maksimumnya mencapai 600 Nm.

Dengan performa tersebut, akselerasi 0-100 km/jam tuntas dalam 4,1 detik dan kecepatan maksimumnya mencapai 250 km/jam. Di Indonesia, harga BMW X3 M Competition mencapai Rp2,189 miliar dan Rp2,229 miliar untuk BMW X4 M Competition (off-the-road).

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya