Ram Air Kawasaki Ninja ZX-25R Cuma Kosmetik?

Oleh Redaksi Otosia pada 15 Jul 2020, 10:15 WIB
Diperbarui 15 Jul 2020, 10:15 WIB
Kawasaki Ninja ZX-25R (Otosia.com/ Cornelius Candra)
Kawasaki Ninja ZX-25R (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Otosia.com Pada akhir pekan lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah resmi merilis Kawasaki Ninja ZX-25R. Tak hanya suara merdu 4-silinder inline, motor sport ini juga menawarkan beragam fitur, salah satunya ialah Center Ram Air System.

Teknologi ini berupa lubang segitiga yang berada di atas lampu utamanya. Lantas, apakah ram-air hanyalah sekadar kosmetik untuk menambah persona gahar dan sporty pada Kawasaki Ninja ZX-25R.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/crn)

Next

Deputy Head Sales & Promotion PT KMI, Michael C Tanadi, menyebut bahwa komponen tersebut mampu berdampak ke performa. Lubang ini bertugas untuk memberikan pasokan udara lebih banyak bagi mesin Kawasaki Ninja ZX-25R.

"Ram-air ini baru bekerja saat motor melaju dengan kecepatan 100 km/jam ke atas. Udara akan masuk ke mesin dan meningkatkan performanya," terang Michael saat peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R beberapa waktu lalu.

Next

Memang, saat PT KMI membeberkan data Kawasaki Ninja ZX-25R, mesinnya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 50 ps tanpa ram-air. Tapi, saat lubang tersebut bekerja, dayanya melonjak menjadi 51 ps.

Sekadar informasi, harga Kawasaki Ninja ZX-25R tipe standar saat ini mencapai Rp96 juta. Sedangkan varian tertingginya, Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE dibanderol Rp112,9 juta (OTR Jadetabekser).

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya