On This Day: Generasi Pertama Honda Civic Lakoni Debut

Oleh Redaksi Otosia pada 11 Jul 2020, 13:15 WIB
Diperbarui 11 Jul 2020, 13:15 WIB
Honda Civic generasi pertama (caradvice.com.au)
Honda Civic generasi pertama (caradvice.com.au)

Otosia.com Generasi pertama Honda Civic melakoni debutnya pada hari ini (11/7) 47 tahun lalu, tepatnya 11 Juli 1972, di Jepang. Hanya saja, mobil tersebut dijual sebagai model tahun 1973.

Hadirnya Honda Civic tentu disambut antusias oleh masyarakat Jepang dan dunia. Pasalnya, mobil ini memiliki tampilan layaknya produk Jerman, namun dengan harga terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang cenderung irit.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/crn)

Next

Kala itu, Honda Civic generasi pertama mengusung tipe body hatchback dan sedan 3-pintu. Versi sedan tak terlalu berbeda dengan varian hatchback, hanya saja, terpasang jendela belakang yang bisa dibuka dan jok lipat di belakang.

Selain itu, hadir juga varian coupe 3 dan 5-pintu, serta 5-pintu station-wagon. Interior Honda Civic dibekali reclining-vinyl bucket-seat, radio AM/FM, dan AC opsional.

Next

Untuk urusan pertama, Honda Civic generasi pertama mengandalkan mesin 4-silinder inline 1.169 cc bertenaga 50. Dapur pacu ini ditawarkan dalam 2 pilihan transmisi, yaitu manual 4-speed dan otomatis "Hondamatic" 2-speed.

Saat krisis minyak tahun 1973, permintaan Honda Civic generasi pertama melonjak drastis. Pasalnya, masyarakat menginginkan kendaraan yang terjangkau, namun konsumsi bahan bakarnya efisien.

Next

Di tahun 1974, Honda Civic dibekali mesin baru yang lebih bertenaga, 1.237 cc dengan daya 52 hp. Performanya kembali meningkat menjadi 53 hp setahun kemudian, sebelum naik ke 55 hp pada 1979.

Karena persaingan yang semakin sengit dan naiknya antusiasme pasar, Honda pun akhirnya mengakhiri riwayat Honda Civic generasi pertama pada. Model keduanya pun dirilis tak lama setelahnya pada tahun 1980.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya