Kenapa Speedometer Kawasaki Ninja ZX-25R Masih Pakai Jarum?

Oleh Redaksi Otosia pada 11 Jul 2020, 09:15 WIB
Diperbarui 11 Jul 2020, 09:15 WIB
Speedometer Kawasaki Ninja ZX-25R (Otosia.com/ Cornelius Candra)
Speedometer Kawasaki Ninja ZX-25R (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Otosia.com Saat ini speedometer atau pun instrumen panel pada motor menjadi komponen yang sangat diperhatikan oleh pabrikan. Pasalnya, bagian tersebut memberi informasi mengenai kendaraan sekaligus menunjang unsur estetika.

Karena itu, tak sedikit motor yang kini telah dibekali dengan instrumen panel full-digital, bahkan di kelas 150 cc sekalipun. Tapi, Kawasaki Ninja ZX-25R masih setia menggunakan sistem analog atau penunjuk jarum untuk tachometer.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/crn)

Next

Speedometer Kawasaki Ninja ZX-25R

"Itu memang ciri khas Kawasaki ZX. Bahkan di Kawasaki Ninja H2, masih menggunakan kombinasi antara analog dan digital," ungkap Michael C Tanadi, Deputy Head & Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Sebenarnya masih belum diketahui sebab penerapan sistem analog pada tachometer Kawasaki ZX-series. Bisa jadi, mereka ingin memberikan sensasi tersendiri pada pengendara ketika melihat jarum naik dengan cepat saat motor digeber.

Next

Speedometer Kawasaki Ninja H2

Meski demikian, indikator lain pada Kawasaki Ninja ZX-25R dan Kawasaki ZX-series sudah menggunakan sistem digital, seperti speedometer, indikator bahan bakar, jam, odometer, tripmeter, serta gear-position.

Pada Kawasaki Ninja ZX-25R, instrumen panelnya juga digunakan untuk mengatur Kawasaki Traction Control (KTRC). Fitur ini bertugas menjaga putaran roda belakang agar tidak selip.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya