Akhirnya, Nissan Terra Kalahkan Toyota Fortuner

Oleh Redaksi Otosia pada 26 Jun 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 26 Jun 2020, 14:15 WIB
Nissan Terra (Nissan)
Nissan Terra (Nissan)

Otosia.com Segmen Big SUV ladder-frame selama beberapa tahun belakangan terus dikuasai oleh Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Penjualan keduanya, baik secara wholesales (dari pabrik ke dealer) maupun retail (dari dealer ke konsumen) kerap bersaing dan tak mampu dikejar para rivalnya.

Bahkan Nissan Terra yang sempat digadang-gadang mampu melejit tetap harus takluk pada Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, bahkan sejak pertama dirilis di Indonesia. Tapi, di masa pandemi COVID-19, SUV itu berhasil merangsak naik.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan wholesales Nissan Terra sebenarnya tak terlalu tinggi, 35 unit pada Mei 2020 lalu. Tapi, jumlah tersebut lebih tinggi dari rivalnya, Toyota Fortuner yang hanya 30 unit.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/crn)

Next

Sementara itu, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus mengirimkan Mitsubishi Pajero Sport ke berbagai jaringan dealer dalam jumlah yang cenderung tinggi. Pada Mei 2020 lalu, penguasa segmen Big SUV ladder-frame ini terdistribusi sebanyak 109 unit.

Seakan hidup segan mati tak mau, Isuzu MU-X kembali menjadi juru kunci di kelas Big SUV ladder-frame. Angka distribusinya pada periode Mei 2020 lalu hanya mencapai 5 unit. Tapi capaian ini sedikit lebih baik dari April 2020 yang sama sekali tak ada pengiriman.

Secara keseluruhan, penjualan segmen Big SUV ladder-frame pada Mei 2020 mencapai 179 unit. Angka ini turun lebih dari 50% dibanding periode sebelumnya yang bisa menembus 300 unit, tepatnya 386 unit.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya