Lebih Dekat dengan MG 5 EV, Mobil Station Wagon Bertenaga Listrik

Oleh Redaksi Otosia pada 19 Nov 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 19 Nov 2021, 19:15 WIB
MG 5 EV (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)
MG 5 EV (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com Morris Garage (MG) Motor Indonesia memboyong tiga mobil sekaligus di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Merek berasal dari Inggris itu menghadirkan MG ZS Liverpool Edition, MG 5 GT, dan MG 5 EV.

Model yang terakhir merupakan mobil listrik atau biasa disebut Electric Vehicle (EV). Meski mengusung nama yang sama dengan MG 5 GT, MG 5 EV mempunyai bentuk bodi dan desain yang berbeda.

MG 5 EV diperkenalkan sebagai mobil listrik station wagon pertama di dunia. Mobil tersebut menggabungkan kepraktisan dan teknologi ramah lingkungan untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari.

 

 

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/dit)

Eksterior dan Interior

Interior MG 5 EV (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Secara eksterior MG 5 EV terlihat kurang modern dan dinamis jika dibandingkan MG 5 GT. Hal ini bisa jadi disebabkan karena peluncuran mobil basisnya, Roewe E15, debut perdana pada tahun 2017 di China.

Artinya MG 5 EV yang dipasarkan saat ini kemungkinan besar masih mengusung  bentuk bodi lebih lawas. Sementara MG 5 GT sudah menggunakan bahasa desain MG terbaru yang mulai digunakan pada tahun 2020.

Kelengkapan eksterior mobil itu cukup sederhana. Mobil estate itu sudah dilengkapi lampu depan projector dengan Daytime Running Light (DRL) dan lampu belakang LED.

Next

Bagasi luas MG 5 EV (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Di sisi lain, interior mobil itu cukup mumpuni. MG memberikan banyak panel-panel soft touch di kabin mobil itu dan kursi pengemudi dibuat ergonomis dengan desain anti-curved surface yang mampu memeluk lekuk tubuh untuk memberikan kenyamanan dan mengurangi rasa lelah saat mengemudi jarak jauh.

Lantaran mobil berbentuk wagon, kapasitas bagasi MG 5 EV tergolong luas. MG mengklaim mobil itu mempunyai ruang bagasi mencapai 1.456 liter.

Fitur keselamatan

Isi dalam kap mesin MG 5 EV (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

MG 5 EV dilengkapi berbagai peranti keselamatan, seperti rem parkir elektrik dengan Auto Vehicle Hold (AVH), ABS, EBD, Brake Assist (BA), Traction and Stability Control SystemCurve Brake ControlEmergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist (HSA), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Dapur pacu mobil itu berasal dari motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor yang menghasilkan tenaga 156 PS. Motor listrik itu dikawinkan dengan baterai berukuran 50.3 kWh yang sudah tahan air, bersertifikasi IP67.

Next

Mobil itu berakselerasi dari 0-100km/jam dalam waktu delapan detik dan mempunyai klaim jarak tempuh sejauh 380 km dalam sekali pengecasan. MG juga menjelaskan bahwa MG 5 EV bisa di cas baterainya dari 0-80% dalam durasi 40 menit melalui charger CCS.

Untuk urusan harga, MG belum mau mengungkap harga resminya.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya