Rawan Terguling, Toyota Perbaiki Kelemahan Hilux

Akibat oengujian yang nyaris menggulingkan produknya, Toyota langsung menginvestigasi Hilux.

Senin, 06 Maret 2017 10:15
Foto: Teknikens Värld
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Model Dauble-cabin andalan Toyota, Hilux, selama ini dikenal sebagai salah satu kendaraan yang paling tangguh di dunia.

Amat disayangkan, nama Hilux tercoreng saat harus menghadapi "Moose Test", sebuah pengetesan untuk menguji kemampuan bermanuver sebuah mobil dalam menghindari halangan, Hilux mengalami kegagalan setidaknya 2 kali.

Pada pengujian pertama pada tahun 2007, Toyota Hilux hampir terguling saat bermanuver secara mendadak, dimana rival sejenisnya tidak mengalami masalah.

Pengujian serupa dilakukan lagi pada September 2016 oleh tim dari Teknikens Värld, dan Hilux mengalami kegagalan serupa, nyaris terguling pada kecepatan 60 km/jam.

Akibatnya, Toyota berencana untuk menghentikan penjualan Hilux dengan pelek berukuran 18 inci, seperti yang diuji coba oleh tim penguji independen tersebut.

Merasa sudah muak atas kegagalan tersebut, tim teknisi dari Toyota langsung melaksanakan investigasi apa yang menyebabkan double-cabin andalannya tidak mampu bermanuver, meski dengan kecepatan yang relatif rendah.

Hasilnya, Toyota memutuskan untuk menaikkan tekanan maksimal dari ban yang digunakan, serta mengotak-atik algoritma dari ECU-nya, terutama pada electronic stability control.

Pihak Toyota pun telah menyatakan bahwa Hilux telah siap kembali menghadapi Moose Test sebanyak 2 kali oleh tim independen yang sama pada tahun ini, dan jika berhasil, bakal diimplementasikan pada Hilux terbaru.

BERITA MENARIK LAINNYA

    (kpl/fdk)
    TAGS :
    Join Otosia.com
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT





    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami