Rasio Kepemilikan Kendaraan Indonesia Rendah, di Bawah Malaysia dan Thailand

Tak hanya soal produksi kendaraan yang masih di bawah Thailand, rasio kepemilikan kendaraan di Tanah Air juga tertinggal dari Malaysia dan Thailand.

Minggu, 16 Agustus 2020 12:15
Rasio Kepemilikan Kendaraan Indonesia Rendah, di Bawah Malaysia dan Thailand Lalu lintas DKI Jakarta (Liputan6.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang mengatakan bahwa pasar otomtif di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di Asia. Hanya saja, secara produksi Indonesia dinilai masih di bawah Thailand.

"Pasar otomotif Indonesia adalah salah satu yang terbesar di Asia. Tahun 2019, lebih dari satu juta kendaraan dijual di dalam negeri dan 300 ribu lebih diekspor ke seluruh dunia," tuturnya, dikutip dari Liputan6.com.

Meski menjadi salah satu yang terbesar, rupanya rasio kepemilikan kendaraan di Tanah Air masih rendah. Indonesia masih berada di bawah Malaysia dan Thailand.

"Rasio kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia masih rendah, baru sekitar 87 unit untuk 1.000 orang," katanya saat berbincang dengan wartawan secara virtual.

 

 

1 dari 1 Halaman

Berada di bawah Malaysia, rasio kepemilikan di Negeri Jiran mencapai 450 unit untuk 1.000 orang dan Thailand 220 unit untuk 1.000 orang.

Karena itu, Menperin menegaskan hal tersebut sebagai peluang meningkatkan penjualan kendaraan bermotor di Indonesia, sehingga industri otomotif dalam  negeri bangkit dan berkembang.

"Tentu ini merupakan peluang yang harus kita kejar dan tangkap agar bisa tumbuh dan mengembangkan industri otomotif di Indonesia," ujarnya.

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami