Rasa Berkendara Suzuki Baleno Hatchback di Jalan dan Sirkuit

Kehadiran Baleno Hatchback seolah memastikan posisi Suzuki sebagai produsen mobil kompak. Otosia pun sempat mencoba mobil yang generasi sebelumnya merupakan sedan.

Kamis, 31 Agustus 2017 12:15
Foto: Hafid
Editor : Ahmad Khoirudin
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Kehadiran Baleno Hatchback seolah memastikan posisi Suzuki sebagai produsen mobil kompak. Otosia pun sempat mencoba mobil yang generasi sebelumnya merupakan sedan.

Dari segi tampilan, Suzuki Baleno Hatchback telah mengadopsi tampilan yang berbeda dengan versi sedan. Jika pada sedan kesan elegan didapat, justru aura sporty terlihat jelas pada versi hatchback. Fitur Keyless Entry pun memudahkan kami untuk masuk dan menyalakan mobil. Lantaran kini Baleno disematkan tombol Engine Start Stop yang praktis.

Mengawali perjalanan dari daerah Senayan, Jakarta kami langsung ditantang untuk melakukan lomba irit bahan bakar. Otomatis cara berkendara kami pun berubah untuk mengetahui seberapa efisien mesin berkapasitas 1.373cc yang digunakannya. Kami pun mencoba untuk tetap berkendara di kecepatan rata-rata 70 kilometer per jam dengan tetap menyalakan pendingin kabin. Hal tersebut kami lakukan untuk membentuk situasi nyata pada kehidupan sehari-hari.

Menariknya, selama perjalanan kami bisa mengontrol pergerakan kendaraan melalui Multi Display Information. Di mana terdapat grafis informasi mengenai torsi dan power yang digunakan. Alhasil, permainan pedal gas pun cukup dinamis mengikuti menyesuaikan tampilan informasi tersebut.

Menuju Sirkuit Sentul, kami pun berhasil menyentuh angka sekitar 14,2 kilometer per liter. Mengingat jalur yang kami lewati sempat beberapa kali menemui kemacetan, angka ini terbilang cukup menarik.

Di sirkuit kami pun diminta untuk berkeliling sebanyak 3 putaran. Di putaran pertama, kami masih mencoba menemukan perasaan berkendara dari Baleno Hatchback ketika menghadapi belokan ringan hingga tikungan tajam dan zig-zag. Memasuki putaran kedua, jalur lurus Sirkuit Sentul langsung kami coba libas.

Kebetulan mobil yang kami gunakan bertransmisi otomatis.. Penggerak depan yang digunakan memang tidak terlalu responsif, namun begitu mendapatkan cengkraman ban, mobil pun dapat melesat dengan cukup baik. Desain hatchback sangat mempengaruhi handling saat melewati tikungan. Suspensinya mampu menahan buangan bagian belakang yang berdimensi cukup tinggi.

Artinya, mobil dapat dengan lihai melakukan manuver tanpa gejala oversteer yang berarti. Hanya saja memang roda kemudi pada Baleno Hatchback sedikit kurang responsif, sehingga dibutuhkan upaya lebih untuk memutarnya.

Yang menarik justru keluaran suara baik dari knalpot maupun mesin. Kekedapan kabin memang mampu menghalau kebisingan, namun ketika jendela dibuka, kedua suara tersebut terbilang cukup merdu. Sehingga kami semakin terpacu untuk menginjak dan memainkan pedal gas dalam-dalam.

Perjalanan pun dilanjutkan menuju salah satu restoran di Sentul yang berada di daerah dataran tinggi. Kami harus menanjak denga kondisi jalan yang kurang baik. Akibat suspensinya yang terbilang keras, untuk pengendara dan penumpang bagian depan hal tersebut tidak terlalu berpengaruh. Berbeda dengan penumpang di belakang yang terkadang sedikit terlempar, khususnya jika melewati jalan berkontur tidak rata dengan kecepatan agak tinggi. Urusan menanjak, mobil ini patut diacungi jempol. Meski transfer tenaga ke ban agak kurang cepat, namun pergerakannya sangat ringan ketika sudah mendapatkan momentum yang tepat.

Dari segi kenyaman kabin, bagian depan cukup memberi ruang. Di mana ruang kepalanya pas dan kursinya terbilang ergonomis. Sayangnya hal ini agak berbeda dengan bagian belakang. Posisi sandaran tempat duduk terasa terlalu tegak. Begitu pula dengan ruang kepala, khususnya di bagian samping yang terasa sedikit kurang. Posisi kursi yang tegak ini memang sepertinya untuk memaksimalkan ruang bagasi di belakang. Jika melihat bagasinya, 2 sampai 3 koper cukup besar seperti bisa masuk.

Lanjut ke fitur kenyamanan lainnya yaitu perangkat multimedia. Sayangnya head unit yang digunakan merupakan aksesoris tambahan, bukan bawaan Baleno Hatchback. Hanya saja, keluaran suara dari speaker cukup baik.

News Menarik Suzuki Baleno Lainnya

(kpl/fid/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami