Ramai-Ramai Mudik, Bawa Polusi ke Daerah

Hal ini disadari oleh Astra sehingga mereka kembali mengadakan program pengadaan pohon pada masa mudik.

Senin, 20 Juli 2015 15:15
Astra Holiday Campaign (AHC)
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Sadar atau tidak sadar, perjalanan mudik beramai-ramai sama artinya dengan membawa emisi ke kawasan di daerah. Ibaratnya, polusi yang biasanya dihasilkan dan terkumpul di kawasan perkotaan sekarang turut terbawa selama perjalanan pulang kampung.

Hal ini disadari oleh Astra sehingga mereka kembali mengadakan program pengadaan pohon pada masa mudik. Bukan bagi-bagi pohon, melainkan pihak Astra akan menanam pohon sesuai jumlah mereka yang berkunjung atau beristirahat di Pos Siaga Astra pada jalur mudik.

"Kita bisa bayangkan bahwa setiap mudik ke Jawa kita menghasilkan emisi, walaupun dari pabrk dan keluar bengkel itu sudah diuji emisinya, emisi yang dihasilkan ke alam semakin banyak. Apa yang dilakukan oleh Astra adalah coba meng-counter emisi yang dihasilkan kendaraan tadi dengan penanaman pohon," ujar Head of Environment & Social Responsibility Astra International Riza Deliansyah.

Setiap mereka yang datang ke Pos Siaga Astra Holiday Campaign (AHC) ini dan memberi tanda tangan maka akan dihitung. Pohon-pohon itu nantinya ditanam di Astra Sentul Eco Edu Tourism Forest. Penanaman pohon diatur oleh pihak Astra karena banyak program penanaman yang dikumandangkan tetapi tidak disertai cara perawatannya.

"Banyak program ayo menanam pohon, tetapi soal memelihara pohonnya enggak ada. Astra menanam pohon ini di Sentul, di Astra Sentul Eco Edu Tourism Forest. Kami tahun lalu menanam 10.000 batang pohon, dan tahun 2013 menanam 5.000 batang pohon, dengan jenis tanaman yang endemik ada di sana, seperti rasamala, pinus, karena itu adalah area penyangga bagi potensi terjadinya banjir di Jakarta. Jadi ditanam di Sentul tujuannya untuk menahan aliran air sungai yang nantinya turun ke Ciliwung dan sekitarnya," ujarnya.

Di Pos Siaga Astra sediri, para pemudik, baik yang menggunakan roda dua ataupun roda empat, dapat singgah untuk melakukan pemeriksaan kendaraan. Layanan yang diberikan di Pos Siaga Astra berupa servis ringan untuk kendaraan. Sambil menunggu kendaraan diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik Astra, para pemudik dipersilakan beristirahat sejenak sambil menikmati fasilitas-fasilitas yang tersedia di Pos Siaga.

Fasilitas-fasilitas ruangan ber-AC, makanan, minuman ringan, dan bingkisan dari sponsor, dapat dinikmati secara gratis oleh para pemudik.

Adapun sembilan Pos Siaga Astra berlokasi di: - Rest Area Km 57 Tol Jakarta-Cikampek - Puncak Raya Hotel, Jln. Raya Puncak Km 80, Cisarua Puncak - Rest Area Km 68 B Tol Merak-Jakarta - Rumah Makan Boga Nikmat, Jln. By Pass Parakanmuncang, Km. 28,5, Cicalengka-Nagrek - Rest Area Km. 226 A, Tol Palikanci, Cirebon - Rumah Makan Kardani Putra, Desa Penundan, Alas Roban - Jln. Raya Buntu Km. 1, Buntu - Rumah Makan Saradan Asri, Jln. Raya Saradan Km. 144, Caruban, Madiun - SPBU 54 821 11, Selabih Lalanglinggah, Selemadeg Barat, Tabanan, Bali.

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami