Ramah Lingkungan, Pabrikan Ini Buat Jok Hasil Daur Ulang Botol Plastik

Audi sedang mengembangkan jok ramah lingkungan dengan bahan dari daur ulang botol plastik.

Rabu, 26 Februari 2020 18:15
Ramah Lingkungan, Pabrikan Ini Buat Jok Hasil Daur Ulang Botol Plastik Jok hasil daur ulang botol plastik (Carscoops.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Membuat mobil ramah lingkungan saat ini tak hanya dengan mengganti mesin konvensional ke motor listrik, tapi juga komponennya. Setidaknya, itulah yang dipikirkan oleh pabrikan asal Jerman, Audi.

Mengutip dari Carscoops.com, mereka akan menggunakan jok berlapis bahan yang didaur ulang dari botol plastik. Nantinya, hal ini diterapkan pada Audi A3 generasi terbaru.

1 dari 2 Halaman

Pada kabin Audi A3, 89% dari bahan tekstilnya terbuat dari plastik daur ulang. Untuk membuat 1 jok, dibutuhkan sebanyak 45 botol berkapasitas 1,5 liter. Selain itu, karpetnya menghabiskan 62 botol.

Tapi, tak semua bagian jok Audi A3 yang berlapis hasil daur ulang botol plastik. Ute Gronheim, Chief of Textiles Division Audi menyebut bahwa ini merupakan tantangan tersendiri.

2 dari 2 Halaman

"Kami sedang berupaya mengganti semua dengan polyester yang dapat didaur ulang. Tujuan kami adalah membuat jok sepenuhnya dari bahan yang tidak dicampur, sehingga dapat didaur ulang lagi. Kami sudah tak jauh dari itu," ujar Gronheim.

Diprediksi, jok hasil daur ulang botol plastik ini akan muncul bersamaan dengan debut Audi A3 dalam gelaran Geneva Motor Show 2020. Jelas ini merupakan langkah baru dalam membuat kendaraan ramah lingkungan.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami