Racikan Manis Yamaha Scorpio 2015

Modifikasi Yamaha Scorpio 225 tahun 2015 racikan Diwa Creative Studio kombinasi part original dan sedikit sentuhan 'minimalis'.

Sabtu, 11 Maret 2017 10:15
Racikan Manis Yamaha Scorpio 2015 Foto: Diwa Creative Studio

Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Kadang dalam modifikasi motor tidak perlu memberikan banyak ubahan untuk mendapatkan tampilan yang spesial. Sisi-sisi bagian motor yang original masih bisa manfaatkan sebagai paduan yang ideal.

Selain itu, ketika komponen bawaan pabrikan masih banyak dipertahankan, otomatis biaya dalam modifikasi motor bisa diminimalisir. Hal tersebut seperti yang dilakukan rumah modifikasi Diwa Creative Studio dalam merestorasi tampilan Yamaha Scorpio milik Anton.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang Yamaha Scorpio yang secara keseluruhan tampak ala motor scrambler tersebut, Wahyu punggawa Diwa Creative Studio menceritakan awal mula pemilik Scorpio ini menginginkan motor modifikasi.

image

"Bro Anton sang desainer muda ini ingin selalu merasakan kebersamaan. Ia ingin selalu bersama Tuhan, kekasih dan kuda besinya Scorpio 225. Kebersamaan itulah yang ingin ia ciptakan di roda duanya tersebut dengan penampilan baru," papar Wahyu.

"Untuk mendapatkan tampilan baru itulah, Yamaha Scorpio yang dari bawaan pabrikan bergaya street fighter ini akhirnya dipasrahkan pada Diwa Creative Studio," lanjutnya.

Diwa Creative Studio sendiri memiliki alamat di wilayah Tapos, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, tepatnya di jalan Pekapuran Raya No 80 (depan Bank BRI). Di alamat tersebut, rumah kreatif yang spesial menangani motor custom retro mewujudkan kemauan konsumennya.

image

Ubahan yang diberikan pun diklaim tidak terlalu banyak, sejumlah part Yamaha Scorpio ini masih dipertahankan. "Tak banyak ubahan yang diberikan untuk Yamaha Scorpio 225 tahun 2015 ini. Beberapa keaslian bawaan pabrik masih menempel di Kalajengking," sambung pemiliki nomor 0815 96 44 338.

Dalam menilai hal tersebut, mari kita simak cerita proses modifikasi Yamaha Scorpio racikan Diwa Creative Studio.

1 dari 2 Halaman

Proses Modifikasi

Proses Modifikasi

Dalam proses modifikasi, Diwa Creative Studio memulainya dengan ubahan frame, karena komponen tersebut merupakan penentu dari tampilan sebuah motor.

"Pertama rangka dirombak dengan memotong dan membuat double suspensi. Untuk bagian depan masih dipertahankan. Tapi rangka tersebut dibuatkan tambahan semacam tubular yang nanti posisinya kelihatan kayak otot bawah tangki," papar Wahyu.

Selesai dengan penyesuaian pada rangka, ubahan dilanjut ke sektor body. "Body dibuat dari plat galvanis 1 mm untuk sektor fender dan body. Instrumen tetap menggunakan asli Yamaha demi kenyamanan. Namun joknya diciptakan panjang karena akan digunakan untuk berduan pemilik bersama kekasihnya," tambahnya.

Rampung pada body, ubahan selanjutnya ditujukan pada bagian kaki-kaki. "Roda dari bentuk palang diganti jadi jari-jari dengan pemilihan ring 18. Untuk bannya pun dipilih model Salur milik SB 135 classic version. Baik roda depan maupun belakang," tambahnya lagi.

Ubahan pada roda tersebut untuk memperkuat kesan vintage yang juga didukung dari sejumlah part variasi, seperti pada stop lamp dan sein. Sementara itu untuk balutan warnanya Diwa Creative Studio memadukan warna yang bernuansa jreng, mereka menggabungkan orange dan navy blue.

2 dari 2 Halaman

Detail Spesifikasi

Detail Spesifikasi

Lebih lanjut untuk menilai seberapa besar penggunaan part original dan part custom yang disematkan oleh Diwa Creative Studio pada Yamaha Scorpio modifikasi scrambler tersebut. Berikut deretan spesifikasinya.

Mesin : Scorpio 225
Ban : Swallow sb 135
Velg : DID 215 dan DID 185
Shock Depan : Original Scorpio
Speedo Meter : Original Scorpio
Stang : Yamaha Vixion
Body : Custom Galvanis 1 mm
Tangki : Original Special 115
Cat : Spicehicker
Lampu Depan : Original Scorpio

(kpl/rd)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami