Putaran Mesin R25 Ekstrem, Yamaha Sebut Pemakaian Indonesia Cukup 14.500 RPM

Ingat informasi sebelumnya bahwa Yamaha R25 bisa disetel hingga memiliki putaran mesin 15.000 RPM? Hal ini memicu pertanyaan pemakaian yang sebenarnya di Indonesia. Pasalnya, semakin ekstrem RPM, maka usia mesin pun terpengaruh.

Selasa, 08 Juli 2014 08:15
Eksport YZF-R25 (foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Ingat informasi sebelumnya bahwa Yamaha R25 bisa disetel hingga memiliki putaran mesin 15.000 RPM? Hal ini memicu pertanyaan pemakaian yang sebenarnya di Indonesia. 

Pasalnya, semakin ekstrem RPM, maka usia mesin pun terpengaruh.

Dalam pemakaian di sirkuit sendiri, M Abidin, GM Service dan Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, menyebut batas maksimal di bawah itu, dan jauh lebih rendah lagi hingga setengahnya jika dipakai di dalam kota.

"Di Indonesia hanya butuh sampai 14.500. Kenapa? Supaya mesinnya bisa dipakai 5 seri, itu-itu saja," ujarnya merujuk pada lama atau usia pemakaian mesin dalam sebuah balapan yang memang membutuhkan putaran mesin cukup tinggi.

Dia sendiri menyebut bahwa pemakaian belasan ribu RPM memang bisa didapatkan saat di dalam lintasan balap. Adapun pemakaian dalam kota di 7.000 RPM saja.

"Saya yakin, teman-teman di Jakarta paling banter pindah gigi di 7.000 RPM. Kalau di dalam kota, jarang pakai RPM setinggi itu. Kalau di sirkuit, 12.000 itu mungkin," tutupnya.

Hot Artikel Yamaha YZF R25

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami