Punya Produk Kembar, Bisakah Daihatsu Servis di Bengkel Resmi Toyota?

Toyota dan Daihatsu saat ini memiliki beberapa produk kembar. Bisakah mobil Daihatsu melakukan servis di bengkel Toyota?

Kamis, 21 Maret 2019 20:45
Bengkel resmi Toyota (Liputan6.com/ Amal)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Berada di bawah naungan Astra Internasional, Toyota dan Daihatsu berkolaborasi untuk menggarap pasar mobil Indonesia. Karena itu, tak heran jika kedua pabrikan tersebut memiliki produk yang mirip, bahkan kembar.

Saat ini setidaknya ada 4 model mobil kolaborasi yang ditawarkan dengan segmen berbeda-beda. Sebut saja Agya-Ayla, Calya-Sigra, Avanza-Xenia, dan Rush-Terios Produk kembar tersebut pun bisa dibilang sama dari segi eksterior, interior, hingga mesin.

Dengan banyaknya produk kolaborasi tersebut, apakah mobil-mobil Daihatsu boleh servis di bengkel resmi Toyota seperti di Auto2000? Menanggapi hal tersebut, Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000 angkat bicara.

"Kita secara payung berada di bawah PT Astra Internasional. Dimana kita ada Toyota Sales Operation dan ada Daihatsu Sales Operation. Tapi principal-nya berbeda, walaupun Daihatsu ownership by Toyota," ungkap Ricky, Rabu (20/03/2019), di Auto2000 Singosari.

Menurut Ricky dalam Liputan6.com, Auto2000 adalah eksklusif dealer, sehingga tidak menerima pekerjaan merek lain. " Walaupun produk kolaborasi. Spare part sama, tapi untuk servis kita berbeda," tegas Ricky.

Lantas dalam keadaan darurat, apakah memungkinkan?

Ricky menjelaskan bahwa masalah tersebut merupakan bagian dari salah satu program Astra World di bawah naungan Astra Internasional, yaitu Emergency Road Assistance. Fasilitas ini memiliki mekanik yang mampu menangani mobil Toyota sekaligus Daihatsu.

Sumber: Liputan6.com

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami