Puasa-Puasa, Antrean Perpanjang SIM-STNK Membeludak

Sejumlah kegiatan pada masa puasa Ramadan biasanya cenderung menurun. Namun, situasinya berbeda dengan pengurusan SIM dan STNK. Pasalnya, pengurusan perpanjangan SIM sendiri akan berhenti sementara selama beberapa hari karena libur saat cuti bersama Idul Fitri pada 11-20 Juni 2018.

Sabtu, 09 Juni 2018 13:45
Foto by Dimas Wahyu
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Sejumlah kegiatan pada masa puasa Ramadan biasanya cenderung menurun. Namun, situasinya berbeda dengan pengurusan SIM dan STNK.

Pasalnya, pengurusan perpanjangan SIM sendiri akan berhenti sementara selama beberapa hari karena libur saat cuti bersama Idul Fitri pada 11-20 Juni 2018.

Hal ini cukup menjadi momok, sebab peraturan baru dari kepolisian adalah membuat SIM baru alias ujian ulang jika masa berlaku SIM lewat satu hari saja.

Untungnya, polisi masih memberikan tenggang waktu pada 21-27 Juni 2018 bagi pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada masa libur cuti Lebaran tersebut.

Yang menjadi soal adalah ketika pemilik SIM libur lebaran di daerah dalam waktu yang lebih lama dari masa tersebut. Ini pun tak ubahnya dengan para pemilik STNK yang enggan kena denda.

Akibatnya, antrean perpanjangan SIM dan STNK membeludak, seperti yang terlihat pada menjelang Lebaran. Salah satunya di gerai perpanjangan SIM dan STNK Gandaria City, Jakarta Selatan.

"Maaf, ya. Lanjut besok ya. Ini sudah tiga batch," ujar petugas kepada pengantre yang datang kesiangan usai menembus jejalan para pengantre.

Hari itu, mereka yang datang pukul 10.30 terpaksa baru mendapatkan SIM atau STNK barunya beberapa jam kemudian.

Dalam kondisi normal, gerai dengan tiga petugas ini per surat ini biasanya bisa menangani perpanjangan STNK, misalnya, dalam waktu maksimal 1 jam.

"Siang terpaksa kami tutup penerimaan formulir permohonan karena itu saja pengurusan perpanjangan (STNK) bisa sampai 15.30. Tapi yang sudah masuk hari itu pasti kami selesaikan, jadi tunggu saja, nanti namanya dipanggil," ujar si petugas.

saya sudah baca ini!

(kpl/why/ahm)
TAGS :
SIM,   STNK
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami