PSBB Jakarta, Polisi Terus Sweeping Kerumunan Ojol Saat Malam Hari

Pihak kepolisian terus berpatroli selama 24 jam selama PSBB Jakarta untuk mencegah penularan COVID-19.

Kamis, 23 April 2020 13:15
PSBB Jakarta, Polisi Terus Sweeping Kerumunan Ojol Saat Malam Hari Otosia.com

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Rabu kemarin (22/4), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi memperpanjang masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) hingga 22 Mei 2020 mendatang. Kebijakan ini diambil lantaran tak ada penurunan angka kasus COVID-19 di ibukota.

Tak sendiri, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun terus berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. Bahkan, pihak kepolisian pun tak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun.

"Operasi ini terus kami lakukan selama 24 jam. Kalau malam selepas apel malam, sekitar pukul 10 kami start keliling per wilayah. Soalnya masih banyak yang bandel juga," jelas Briptu Wandi dari Polda Metro Jaya.

1 dari 2 Halaman

"Kebanyakan yang berkerumun ini ojol (ojek online). Susah juga kalau kita suruh di rumah saja, kan mereka juga kerja. Jadi kami sebenarnya bukan membubarkan, tapi lebih ke mengedukasi," tambahnya di tengah sweeping kerumunan ojol.

Pihak kepolisian pun menyampaikan bahwa ojol dan para pengendara sepeda motor harus tetap menggunakan masker dan sarung tangan saat keluar rumah. Jarak dengan orang lain juga tetap harus diperhatikan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Kami juga sampaikan, begitu sampai rumah segera bersih diri, mandi, ganti baju, baru berkumpul dengan keluarga. Kasihan kalau sampai mereka tertular, kan kita tidak tahu kalau kita juga bisa jadi pembawa virus," terang Briptu Wandi.

2 dari 2 Halaman

"Menjelang Ramadhan 2020, kami pun terus akan lakukan sweeping, terlebih SOTR (Sahur On The Road). Jika tidak ada izin dan menyalahi aturan, tentu akan kami bubarkan," tegasnya.

Briptu Wandi mengimbau masyarakat untuk lebih baik tetap di rumah jika memang tidak ada kebutuhan yang sangat penting. Hal ini pun sesuai dengan anjuran pemerintah agar kasus COVID-19 tidak terus bertambah.

"Kami pun sudah menyiapkan banyak posko untuk memantau pergerakan masyarakat. Jika melanggar, akan kami beri surat teguran, bukan tilang, sesuai dengan aturan dari pemerintah," tutupnya.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami