Proyek Motor Kecil Harley-Davidson Berlanjut, Siap Produksi

Motor kecil Harley-Davidson berbasis Benelli akan segera masuk produksi dan dirilis untuk pasar Asia, termasuk Indonesia.

Kamis, 12 Desember 2019 12:15
Proyek Motor Kecil Harley-Davidson Berlanjut, Siap Produksi Sketsa motor kecil Harley-Davidson (Harley-Davidson)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pada Juni 2019 lalu, Harley-Davidson resmi berkolaborasi dengan pabrikan asal China, Qianjiang Motorcycle. Kerja sama ini tak terlepas dari upaya mereka untuk membidik pasar otomotif Asia.

Karena itu, kolaborasi Harley-Davidson dengan Qianjiang ini akan menghasilkan motor berkapasitas kecil, tak lebih dari 500 cc. Harganya pun kemungkinan besar dibuat terjangkau.

Rupanya hal ini bukanlah wacana belaka. Pasalnya, pabrikan ikonik asal Amerika Serikat itu dan Qianjiang telah menyetujui desain yang dirancang bersama. Artinya, motor kecil tersebut akan siap diproduksi.

 

1 dari 2 Halaman

Berbasis Benelli

Berbasis Benelli

Hanya saja, tak banyak bocoran terkait desain motor kecil Harley-Davidson ini. Satu-satunya informasi ialah sketsa sebuah naked-bike berlogo Harley-Davidson di tangkinya.

Dari gambar tersebut, tampak bahwa motor kecil Harley-Davidson ini menggunakan Benelli 302S sebagai basisnya. Prediksi tersebut tak terlepas dari bentuk sasis tubular keduanya yang sama persis.

Tak hanya itu, desain mesin motor kecil Harley-Davidson ini juga identik dengan dapur pacu Benelli 302S. Sekadar informasi, Benelli ialah anak perusahaan dari Qianjiang.

2 dari 2 Halaman

Akan Masuk Indonesia

Akan Masuk Indonesia

Jika benar demikian, nantinya motor kecil Harley-Davidson akan mengusung mesin 2-silinder inline 300 cc liquid-cooled. Dapur pacu tersebut menghasilkan tenaga sebesar 38 hp dan torsi 26,5 Nm, serta dikawinkan dengan knalpot under-belly.

Untuk kaki-kaki, bagian depannya akan dibekali suspensi upside-down. Sementara itu, sektor belakangnya akan ditopang monoshock-swingarm.

Berdasarkan perjanjian yang telah ditandatangani Harley-Davidson dan Qianjiang, motor ini akan diproduksi di Wenling, China. Rumornya, naked-bike tersebut nantinya juga dijual oleh Benelli Indonesia.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami