Produksi Pakai Robot, Sokonindo Resmikan Pabrik Otomotif di Serang

Pabrikan otomotif baru di Indonesia PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) hari ini, Selasa (28/11) resmi membuka pabriknya di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten.

Selasa, 28 November 2017 21:15
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Pabrikan otomotif baru di Indonesia PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) hari ini, Selasa (28/11) resmi membuka pabriknya di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten.

Berdiri di atas lahan seluas 20 hektar, peresmian dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Harjanto, serta Penasehat Bidang Ekonomi dan Komersial Kedutaan Besar Cina Untuk Indonesia, Wang Liping.

Pabrik ini dilengkapi berbagai fasilitas yang mengadopsi 'pabrik pintar' berdasarkan Industry 4.0. Hal tersebut terlihat dari penggunaan lengan-lengan robot, mulai dari pencetakan plat baja, pengelasan, pengecatan, perakitan hingga kontrol kualitas. Sehingga tingkat presisi produksinya diklaim cukup tinggi.

Tak hanya itu, pabrik Sokonindo mampu bergerak lebih fleksibel. Lantaran telah disiapkan untuk memproduksi berbagai model seperti SUV, MPV dan kendaraan niaga ringan.

"Investasi yang sudah tertanam untuk pembangunan pabrik ini sebesar $ 150 juta (Rp 2,02 triliun) dan ke depannya kami berencana memaksimalkan investasi itu sampai $ 300 juta (Rp 4,04 triliun) untuk pembangunan pabrik mesin," ucap Alexander Barus, CO-SEO PT Sokonindo Automobile dalam kata sambutannya.

Sokonindo sendiri merupakan perusahaan hasil joint venture antara Sokon Group Limited asal Hongkong dengan PT Kaisar Motorindo Industri asal Indonesia. Sebelumnya Sokon Group telah memiliki kerjasama dengan Dongfeng Motor Corporation yang merupakan perusahaan milik pemerintah China dan memasarkan produk bermerek DFSK.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fid/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami