Presiden Jokowi Bela Go-Jek, Grab Bike

Menanggapi larangan Go-Jek, Grab Bike, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa jangan karena aturan tak mengikut teknologi, rakyat jadi menderita.

Jum'at, 18 Desember 2015 22:15
Foto: Gojek
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Pelarangan ojek aplikasi akhirnya dibatalkan. Hal ini menyudahi polemik yang terjadi pada malam kemarin terkait surat pemberitahuan Kementerian Perhubungan mengenai hal ini.

Presiden Joko Widodo dalam keterangannya kemudian menyatakan bahwa jangan karena aturan tak mengikut teknologi, rakyat jadi menderita.

"Moda transportasi alternatif dan inovatif, baik roda dua maupun roda empat, hadir karena dibutuhkan rakyat. Jangan karena aturan yang tidak mengikuti perkembangan teknologi rakyat jadi menderita. Aturan itu kita yang bikin, jangan sampai mengekang inovasi," ujar Presiden.

Presiden menekankan bahwa justru ojek aplikasi merupakan karya kreatif dan sebaiknya bukan dilarang, melainkan ditata. Langkah penataan pun perlu diimbangi pula dengan perbaikan transportasi massal.

"Lagipula ada aplikasi digital karya anak-anak muda yang kreatif. Kita benahi yang seperti ini. Sambil secara paralel mempercepat perbaikan transportasi massal. Yang penting ditata, perlu aturan transisi, supaya keselamatan dan keamanan tetap terjamin."

Sebelumnya, pihak pimpinan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa Surat Pemberitahuan Nomor UM.3012/1/21/Phb/2015 yang ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan tertanggal 9 November 2015 itu ditujukan untuk Korps Lalu Lintas Polri, serta para kapolda dan gubernur di seluruh Indonesia.

Pelarangan didasari pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan. Dalam pemaparannya, pihak perhubungan darat menekankan bahwa angkutan umum minimal harus beroda tiga, berbadan hukum, dan memiliki izin penyelenggaraan angkutan umum.

Terkait dukungan dari Presiden, CEO PT Go-Jek Indonesia Nadiem Makarim pun merasa terharu dan beterima kasih.

"Kami mengajak semua pengguna dan driver Go-Jek merayakan keputusan Jokowi-JK ini via social media dengan #GoRakyat. Hidup Go-Jek. Hidup karya anak bangsa."

Hot News Ojek Online Lainnya

(kpl/why/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami