Prediksi Mobil LMPV yang akan Meluncur Tahun Depan

Tahun 2021 diramaikan dengan hadirnya model baru berbagai mobil LMPV. Bagaimana dengan tahun 2022? Begini prediksinya menurut Otosia.com.

Selasa, 21 Desember 2021 08:15
Prediksi Mobil LMPV yang akan Meluncur Tahun Depan Ilustrasi mobil-mobil LMPV (Istimewa)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Selama tahun 2021 beberapa model LMPV terlaris di Indonesia mendapatkan model baru. Yang cukup membuat heboh adalah peluncuran duet "mobil sejuta umat", All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia.

Kedua LMPV tersebut mengusung platform, interior, dan penggerak roda yang berbeda. Bahkan nama Veloz kini bukan lagi bagian dari keluarga Avanza.

Di sisi lain, Mitsubishi dan Wuling juga memberikan penyegaran pada LMPV andalan mereka. Mitsubishi Xpander mendapatkan rombakan besar dari eksterior hingga interiornya, sementara Confero disematkan fascia baru dan disertakan pergantian warna kabin.

1 dari 4 Halaman

Pada tahun depan diperkiaran kejutan masih akan terjadi pada LMPV yang menjadi pesaing mobil-mobil di atas. Kabarnya beberapa merek yang bermain di segmen ini tidak tinggal diam menghadapi rivalnya yang sudah berubah.

Berikut prediksi mobil LMPV yang besar kemungkinan luncur pada tahun depan:

2 dari 4 Halaman

1. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga facelift sedang uji jalan (autocarindia.com)

Pertama adalah Suzuki Ertiga. LMPV andalan Suzuki ini sempat mengalami improvement selama dipasarkan di tanah air. Namun secara keseluruhan belum ada perubahan besar terjadi. Sejak peluncuran generasi kedua di tahun 2018, tampilan Ertiga masih sama seperti sekarang.

Namun baru-baru ini di India, Suzuki ditemukan sedang melakukan uji jalan sebuah mobil yang diduga kuat sebagai Ertiga facelift. Mobil yang tertangkap kamera itu minim kamuflase dan nampak tidak mendapatkan banyak perubahan. Kuat dugaan Ertiga baru akan diluncurkan pada tahun depan.

3 dari 4 Halaman

2. Nissan Livina

Nissan Livina di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Nissan Livina sebenarnya mendapatkan sedikit perubahan saat tampil diri di GIIAS 2021 lalu. Nissan secara diam-diam menyematkan head unit baru dengan ukuran lebih besar dan fitur kamera 360.

Kendati demikian, sekujur tubuh dan interior LMPV itu belum mendapatkan penyegaran. Tahun depan, digadang-gadang Nissan Livina akan punya tampilan serupa kembarannya, New Mitsubishi Xpander.

Artinya, mobil itu bisa jadi akan mengusung fascia depan baru dengan lampu depan LED, bentuk bumper depan dan belakang baru, serta kabin dengan panel-panel soft touch, seperti Xpander.

4 dari 4 Halaman

3. Honda Mobilio

Honda Mobilio (HPM)

Terakhir adalah Honda Mobilio. Di antara para kompetitornya, Mobilio bisa dikatakan paling berumur. Meski mendapat facelift berupa pergantian wajah dan dasbor baru, beberapa aspek dari mobil itu tidak mengalami perubahan sejak peluncurannya di tahun 2014.

Untuk memperkuat daya gedor menghadapi lawan-lawannya yang sudah "bersolek", Mobilio tentu membutuhkan perubahan besar. Diperkirakan Mobilio baru akan hadir tahun depan, bisa facelift atau bahkan berganti model.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami