Prediksi Mobil Baru yang Akan Luncur di GIIAS 2022

Gaikindo telah menetapkan waktu GIIAS 2022. Berikut prediksi mobil baru yang akan meluncur di ajang otomotif tersebut.

Minggu, 01 Mei 2022 12:02
Prediksi Mobil Baru yang Akan Luncur di GIIAS 2022 Ilustrasi mobil yang akan diluncurkan (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) baru-baru ini mengumumkan jadwal Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Ajang berskala internasional itu akan berlangsung pada tanggal 11-21 Agustus 2022 di ICE BSD City, Tangerang. Rangkaian GIIAS 2022 juga hadir di Surabaya, Medan dan Makassar.

Diprediksi banyak Agen Pemegang Merek (APM) besar akan meluncurkan produk baru. Sebagai contoh, GIIAS tahun lalu diramaikan dengan kehadiran Hyundai Creta, KIA Carnival, Isuzu mu-X, dan masih banyak lagi.

Meski belum ada APM yang memberi bocoran, setidaknya ada beberapa mobil menjadi desas-desus di kalangan media tentang deretan mobil yang boleh jadi akan luncur di GIIAS 2022.

Berikut prediksi mobil baru yang kemungkinan besar diperkenalkan di GIIAS 2022: 

 

1 dari 7 Halaman

1. Suzuki Ertiga facelift

Suzuki Ertiga facelift (Maruti Suzuki)

Pertama adalah Suzuki Ertiga facelift. Mobil ini beberapa waktu lalu debut di India dengan beragam perubahan dari segi fitur dan performa.

Paling menonjol adalah perubahan mesin menjadi 1.500cc DualJet dengan sistem Smart Hybrid. Suzuki mengklaim mesin ini dapat menghasilkan tenaga 103 hp dan torsi 136.8 Nm. Pilihan transmisi otomatis kini mempunyai 6 percepatan.

Sementara eksterior dan interior mobil ini minim perbedaan dari model sebelumnya. Suzuki menyegarkan Ertiga melalui pelek dan grill baru, head unit lebih canggih SmartPlay Pro 7 inci dan total airbags menjadi 4 buah.

2 dari 7 Halaman

2. Daihatsu Sirion facelift

Daihatsu Sirion facelift sedang diangkut (YouTube/Liputan6)

Berikutnya adalah Daihatsu Sirion facelift, yang sempat tertangkap kamera sedang diangkat truk di area Karawang, Jawa Barat. Peristiwa ini dapat dilihat pada video reportase arus mudik dari akun YouTube Liputan6.

Beberapa mobil yang sedang diangkut tersebut diduga kuat sebagai Daihatsu Sirion facelift, lantaran bentuk bodi mobil menyerupai Perodua Myvi terbaru. Hal ini dapat dilihat dari hilangnya lampu kabut dan digantikan oleh DRL LED yang memanjang ke bawah.

Berdasarkan data dari Samsat DKI Jakarta, Sirion terbaru kelak disematkan transmisi CVT dan masih mengusung mesin 1.300cc yang sama. Kendati demikian, tidak seperti kembarannya di negeri jiran, mobil ini belum tersedia dengan Advanced Driving Assist (ASA).

 

3 dari 7 Halaman

3. Honda SUV RS

Honda SUV RS Concept (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Ketiga adalah Honda SUV RS. SUV bergaya sporti ini pertama kali diperkenalkan pada GIIAS 2021 sebagai mobil konsep, atau belum memasuki tahap produksi.

Honda pernah menyebutkan bahwa Honda SUV RS akan dipasarkan jika ada permintaan dari kosumen di tanah air.  Dengan demikian, jika mobil ini diluncurkan, maka Honda SUV RS akan bersaing di kelas small SUV, seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan KIA Sonet.

"Kami masih pelajari terus market-nya seperti apa. Pokoknya kalau market-nya perlu, kami buat produk," papar Yusak Billy, Business Innovation & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

4 dari 7 Halaman

4. Wuling GSEV

Wuling GSEV (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Prediksi selanjutnya adalah Wuling GSEV. Mobil listrik mungil ini kerap ditampilkan ke publik melalui beragam acara otomotif. Bahkan di negeri asalnya sendiri sudah dijual secara resmi sejak tahun 2020 silam.

Wuling Indonesia sendiri mengumumkan bahwa GSEV bakal diluncurkan tahun ini. Sketsa bodinya pernah diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 kemarin.

"Selaras dengan semangat 'Experience the Next Innovation', Wuling pada hari ini memperlihatkan sketsa The Next Generation Wuling GSEV yang akan dipasarkan tahun ini di tanah air. The Next Generation Wuling GSEV akan mengusung konsep desain unik dan fashionable, body compact dan pleasant convenience," ujar Dian Asmahani selaku Brand and Marketing Director Wuling Motors.

5 dari 7 Halaman

5. KIA Carens

KIA Carens (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Kelima adalah KIA Carens. Mobil keluarga ini pertama kali ditampilkan sebagai pajangan di booth KIA pada acara Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2022. KIA menghadirkan dua model, versi bensin dan diesel.

Menjelang JAW 2022 KIA Carens sudah bisa dipesan, meski belum ada patokan harga. MPV berbasis dari Seltos ini digadang-gadang resmi diluncurkan pada GIIAS 2022 mendatang.

"KIA Carens kami tunjukkan dulu ke konsumen. Belum kami luncurkan secara resmi. Spesifikasi belum fix, bisa berubah nanti. Kemungkinan akan diluncurkan pada saat GIIAS," ujar salah satu usher di booth KIA menjelang JAW 2022.

6 dari 7 Halaman

6. Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer (autopostkorea.com)

Terakhir adalah Hyundai Stargazer. LMPV pesaing Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza ini sudah beberapa kali tertangkap kamera sedang tes jalan. Pasalnya mobil ini dipastikan hadir tahun ini.

"(Kami) akan menghadirkan sebuah LMPV baru, tujuh penumpang yang dirancang khusus untuk masyarakat Indonesia dan akan diluncurkan tahun ini," ungkap SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motor Indonesia (HMID).

Tidak hanya itu, data Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) mobil ini sudah terungkap di situs Samsat DKI Jakarta. Pasalnya Hyundai Stargazer termurah tipe Active bertransmisi manual dibanderol Rp 155 juta, sedangkan Stargazer termahal Prime bertransmisi otomatis dijual Rp 202 juta.

7 dari 7 Halaman

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami