Potret-potret Gahar Toyota Buaya, Truk yang Jadi Primadona Era 70-an

Toyota A-Series banyak juga disebut sebagai Toyota Buaya, mengapa mendapat julukan seperti itu?

Sabtu, 27 Juni 2020 16:15
Potret-potret Gahar Toyota Buaya, Truk yang Jadi Primadona Era 70-an Toyota DA100 (Instagram/@rayuaniklan)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Jika melihat sejarah masa lalu pasti ada saja fakta-fakta menarik yang akan ditemui. Begitu juga pada dunia otomotif Indonesia, seperti pabrikan terkenal asal Jepang, Toyota.

Siapa sangka, di balik nama besar Toyota, ternyata pabrikan tersebut miliki satu truk berat yang sempat jadi primadona pada era 70-an. Truk itu adalah Toyota A-Series. Yuk kenali dan tengok betapa gaharnya truk bermoncong besar tersebut.

1 dari 4 Halaman

Instagram/@rayuaniklan

Toyota A-Series juga disebut sebagai Toyota Buaya. Julukan yang disematkan ke truk tersebut berasal dari moncong depannya. Jika kap mesin dibuka, sangat mirip dengan buaya yang sedang membuka lebar-lebar mulutnya.

2 dari 4 Halaman

Instagram/@rayuaniklan

Toyota Buaya pertama kali masuk dan di pasarkan di Indonesia pada tahun 1969 oleh Astra International. Kemudian ketika Toyota Astra Motor (TAM) berdiri pada 1971, pemasaran truk tersebut diambil alih oleh TAM hingga akhir masa edarnya pada 1986.

TAM pun langsung gerak cepat dalam pemasaran Toyota Buaya tersebut. Terbukti truk A-Series itu menjadi primadona bagi penjualan TAM hingga dibuatkan fasilitas pembuatan suku cadang pada 1973. Bahkan TAM juga ekspor Toyota Buaya secara bentuk terurai (SKD) ke beberapa negara, seperti Austalia dan Nigeria.

3 dari 4 Halaman

Instagram/@rayuaniklan

Ada dua tipe dari Toyota Buaya ini, pertama Toyota FA100 yang pakai mesin bensin 6 silinder berkapasitas 3.878cc dan 4.230cc. Kedua adalah DA100 yang menggunakan mesin diesel 6 silinder inline berkapasitas 6.494cc.

Berdasarkan brosur mobil Toyota Buaya DA100 yang dilansir dari akun Instagram @rayuaniklan, nampaknya spesifikasi dari truk jadul ini benar-benar menggila, paling tidak di masa tahun 70-an.

Tengok saja mesin dari DA100 yang dapat semburkan tenaga sebesar 100 Ps pada 2.800 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 45 kg-m pada 1.400 rpm. Kemudian kecepatan maksimum dari Toyota Buaya ini mencapai 90 km/jam.

4 dari 4 Halaman

Instagram/@rayuaniklan

Toyota Buaya juga merupakan truk yang serba bisa. Pasalnya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pemakai, seperti menjadi truk tangki, dipasang dump truck dengan sistem buang jungkit, truk peti kemas, dan juga truk pengangkut hasil pertanian.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami