Potret Kakek Buyut Suzuki Satria, Motor Model Ayam Jago Pertama di Tanah Air

Yuk mengenal kakek buyut dari Suzuki Satria yang merupakan pelopor motor ayago di Indonesia

Sabtu, 04 Juli 2020 14:15
Potret Kakek Buyut Suzuki Satria, Motor Model Ayam Jago Pertama di Tanah Air Suzuki RC Sprinter (Instagram/@suzukircseries)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Memang motor model ayam jago atau ayago tak setenar dulu. Kini pasar lebih condong ke motor matik, apalagi skutik bongsor.

Meski begitu, sekarang pun di pasar Indonesia masih ada beberapa motor dengan model ayam jago, seperti Honda Sonic dan Suzuki Satria.

Paling menarik jelas adalah Suzuki Satria, pasalnya motor ayago satu ini terbilang cukup sukses di beberapa waktu silam. Bahkan peminatnya bukan hanya dari lelaki, tetapi juga dari kaum hawa.

Kesuksesan tersebut tentu tak bisa lepas dari kakek buyutnya, yakni Suzuki RC Sprinter. Ayago jadul ini pertama kali meluncur di pasar Indonesia pada tahun 1988. Bahkan Suzuki RC Sprinter merupakan motor model ayam jago lokal pertama yang mengaspal di Tanah Air. Nah, berikut ini adalah potret-potret gahar dari Suzuki RC Sprinter yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

1 dari 6 Halaman

Instagram/@79dux_knalpotsurabaya

Perlu Otolovers ketahui, Suzuki RC Sprinter merupakan motor model ayago pertama di Indonesia dan pelopor dari ayago-ayago dari pabrikan lain.

2 dari 6 Halaman

Instagram/@suzukircseries

Kemudian di tahun 1989 akhir, pabrikan Jepang lainnya, yakni Yamaha juga turut hadirkan motor model ayago untuk bisa menyaingi Suzuki RC Sprinter. Motor tersebut ialah Yamaha Champ.

3 dari 6 Halaman

Instagram/@joey.abighaz

Jelas Suzuki RC Sprinter cukup menyita perhatian di kala itu. Pasalnya motor ini miliki desain yang unik dan nyentrik. Apalagi miliki shock depan yang mirip dengan motor sport.

4 dari 6 Halaman

Instagram/@acengpart

Motor ayago jadul Suzuki ini gunakan mesin 2-tak dengan kapasitas 99.6cc (100cc) berpendingin udara. Dari dapur pacu tersebut bisa hasilkan tenaga sebesar 9.5 Ps dengan torsi 1.15 kg.m.

5 dari 6 Halaman

Instagram/@reygarage228

Setelah beberapa tahun isi pasar Indonesia, akhirnya produksi Suzuki RC Sprinter dihentikan pada 1992. Motor ini kalah saing dari sisi penjualan dengan pesaingnya, Yamaha Champ.

6 dari 6 Halaman

Instagram/@azminaufalfauzii

Jika menengok pasar motor klasik, Suzuki RC Sprinter miliki harga yang cukup mahal, bahkan bisa capai belasan juta rupiah.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami