Polri Rencanakan Penggantian Warna Plat Nomor

Semenjak aksi penegakan hukum melalui kamera CCTV, beredar rumor bahwa pihak berwenang memiliki wacana untuk mengganti warna plat nomor.

Rabu, 27 September 2017 19:15
Foto: Istimewa
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Semenjak kemerdekaan Republik Indonesia, tatanan plat nomor untuk identitas kendaraan bermotor nyaris tidak pernah berubah, berupa plat metal berwarna hitam dan tulisan putih.

Namun, semenjak aksi penegakan hukum melalui kamera CCTV, beredar rumor bahwa pihak berwenang memiliki wacana untuk mengganti warna dasar plat nomor.

Pengubahan warna pelat tersebut dilakukan bukan hanya agar mudah dibaca CCTV, tapi juga jika ada pelanggaran dan sebagai bukti kejahatan.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan warna hitam plat nomor akan diganti menjadi lebih terang dan ukuran juga akan diubah.

Korlantas Polri telah melakukan studi dan menyimpulkan pelat nomor sekarang sulit untuk ditangkap kamera seperti CCTV.

Ia membandingkan dengan negara-negara maju yang umumnya menggunakan plat nomor berwarna terang seperti putih, biru muda, atau kuning.

Tentu hal tersebut tidak mudah, mengingat plat nomor kuning sudah terlanjur identik sebagai kendaraan umum, dan palt warna putih jamat ditemukan sebagai Tanda Coba Kendaraan Bermotor atau TCKB.

Regulasi mengenai warna pelat terkandung dalam Peraturan Kapolri No 5 Tahun 2012. Korlantas Polri mengupayakan mengubah regulasi secara bertahap.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami