Polisi: UU Modifikasi Semata-mata untuk Keselamatan

Dalam aturannya, uji tipe itu menjadi filter apakah kendaraan yang sudah diubah sesuai kreativitas dan kebutuhan memang layak untuk dikendarai di jalan raya.

Jum'at, 11 Desember 2015 09:15
Motor Modif (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - UU tentang Lalu Lintas yang menyinggung masalah aturan modifikasi sejauh ini diwujudkan melalui lolos tidaknya bentuk motor atau mobil tersebut setelah uji tipe kendaraan.

Dalam aturannya, uji tipe itu menjadi filter apakah kendaraan yang sudah diubah sesuai kreativitas dan kebutuhan memang layak untuk dikendarai di jalan raya.

Hal ini pun ditekankan oleh Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Analis Kebijakan Korlantas Polri dalam pesannya kepada awak media.

"Sudah diatur oleh Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 48 sampai dengan 52, yang isi atau rohnya mengenai keselamatan buat si pengendara yang menaiki motor rakitannya," ujarnya.

Keselamatan ini pun tidak hanya berlaku bagi si pengendara karena saat berlalu lintas, setiap individu berada di jalan bersama pengguna jalan lain, baik pejalan kaki, maupun pengendara kendaraan bermotor dan non-motor.

"Hal ini juga untuk menjaga keselamatan bagi pengguna jalan lainnya," tambah Kombes Pol Unggul.

Ia pun menekankan bahwa modifikasi sebenarnya tidak dilarang. Namun, hal itu harus sesuai aturan. Ia pun menyarankan kepada para pegiat modifikasi motor ataupun mobil untuk berkomunikasi dengan jajaran kepolisian di daerah masing-masing agar memperoleh informasi aturan secara jelas.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/nzr/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami