Polisi Tetap Bisa Menilang STNK yang Pajaknya Mati, Kenapa?

Pihak kepolisian tetap bisa menindak pengendara dengan STNK yang sudah mati, karena...

Senin, 03 April 2017 14:45
Ilustrasi STNK by Nurrohman Sidiq
Editor : Nurrohman Sidiq
Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Akhir-akhir ini, banyak perbincangan mengenai polisi yang harus menindak tegas pengendara dengan STNK mati atau pajaknya tidak terbayarkan.  Tapi apakah benar pengendara dengan STNK yang mati tetap terkena tilang?

Pihak kepolisian tetap bisa menindak pengendara dengan STNK yang sudah mati. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 74 ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan dikuatkan Pasal 1 angka 17 Peraturan Kapolri No. 5 Tahun 2012, yang menyebutkan bahwa ketika STNK tidak diperpanjang maka registrasi dan identifikasi pemilik dapat dihapus. Tindakan ini berlaku jika selama dua tahun sejak masa berlaku STNK habis.

Jika pemilik kendaraan masih belum melakukan perpanjangan, maka secara otomatis STNK hangus dan tidak bisa dipakai lagi. Saat itulah, kendaraan sama dengan tidak memiliki surat resmi dan pantas untuk ditindak.

Sementara itu, menurut Peraturan Kapolri No 5 Tahun 2012, tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, pasal 1 angka 9, STNK adalah dokumen yang befungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor yang berbentuk surat, atau bentuk lain yang diterbitkan Polri yang berisi identitas pemilik , identitas ranmor dan masa berlaku termasuk pengesahan.

Lalu, Pasal 85 ayat (1), permohonan penertiban, pengesahan, dan perpanjangan STNK disampaikan ke petugas kelompok kerja pendaftaran, pendataan, dan verifikasi. Maka dari itu, polisi berhak menindak lanjuti pengendara dengan STNK yang sudah mati atau pajaknya sudah berhenti.

Sebab, STNK merupakan nomor registrasi kendaraan, yang mana termuat data kendaraan, identitas pemilik, nomor registrasi dan masa berlakunya. Karena jika nomor registrasi dari STNK tersebut hangus, maka kendaraan dinyatakan ilegal dan/atau tidak layak beroperasi.

Maka dari itu, Anda harus rajin-rajin mengecek masa berlaku STNK kendaraan Anda, jika sudah sampai 5 tahun, segera urus persuaratan kendaraan Anda untuk mengindari penindakan oleh petugas.

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/nic/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami