Polisi Perluas Tilang Elektronik Sampai ke Jalan Tol, Berlaku Bulan Depan

Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Jasa Marga, akan memberlakukan sistem tilang elektronik atau ETLE di jalan tol. Sistem tersebut akan mulai dirilis pada 3 Oktober 2019.

Kamis, 19 September 2019 22:15
Polisi Perluas Tilang Elektronik Sampai ke Jalan Tol, Berlaku Bulan Depan Perluasan sistem ETLE ke jalan tol (liputan6.com

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) akan diperluas hingga ke jalan Tol. Perluasan ini akan mulai diterapkan pada bulan Oktober 2019.

Perluasan sistem tilang melalui pantauan CCTV diterapkan lantaran banyakanya kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir menjelaskan, lokasi ETLE akan dikembangkan seiring dengan kebutuhan pada penerapannya.

"Konsepnya berkesinambungan, jadi nanti rencana akan di semua ruas yang dikelola oleh Jasa Marga, tapi itu bertahap tidak langsung. Untuk perdana ini target konsentrasinya hanya di dalam kota lebih dulu," jelas Nasir, dikutip dari laman NTMC Polri.

 

1 dari 1 Halaman

Fasilitas Milik Jasa Marga

Fasilitas Milik Jasa Marga

Lebih lanjut, Nasir mengatakan bahwa pihaknya masih membahas sistem tersebut dengan Jasa Marga. Salah satunya soal sarana dan prasarana sistem serta CCTV yang akan dipakai. Sebab, CCTV yang akan dipakai nantinya adalah milik Jasa Marga. Tapi perlu pengecekan komponen terlebih dahulu untuk kesesuaian perangkat CCTV.

"CCTV dan fasilitas lain itu dari mereka (Jasa Marga, red). Mereka akan melakukan pengecekan apakah fitur CCTV-nya sama dengna kita, bila tidak mereka akan ubah," paparnya.

Sistem ETLE di jalan tol ini akan dirilis pada 3 Oktober 2019. "Tapi itu tergantung dari kesiapan yang sampai saat ini sedang kami bicarakan," tandasnya.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami