Polisi Modifikasi Motor Dinas Jadi Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan

Salah satu anggota Polsek Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Aipda Hendry Novian memodifikasi sepeda motor Bhabinkamtibmas menjadi motor pemadam kebakaran.

Senin, 12 Agustus 2019 19:15
Polisi Modifikasi Motor Dinas Jadi Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan Aipda Hendry Novian (Liputan6.com/Antara)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Cuaca panas dan angin kencang mempercepat penyebaran api saat terjadi kebakaran hutan atau lahan. Di Indonesia pun, kebakaran lahan masih kerap terjadi di beberapa daerah.

Jika tidak mendapatkan penanganan cepat, api pun bisa merembet dengan cepat. Karena hal inilah, salah satu anggota Polsek Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Aipda Hendry Novian memodifikasi sepeda motor Bhabinkamtibmas.

Dia mengubah motornya menjadi kendaraan serba guna. Salah satunya sebagai mesin penyedot air untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dalam video yang diunggah di akun isntagram @divisihumaspolri, sepeda motor pemadam ini diciptakan karena kebakaran masih sering terjadi di sungai Kakap. Untuk menanganinya, harus ada cara untuk bisa dengan cepat memadamkan api.

"Karena medan yang sulit untuk ditempuh mobil, dirinya mencoba memodifikasi motor dinasnya menjadi alat pemadam," tulis caption dalam unggahan yang dilihat Liputan6.com, Minggu (11/8/2019).

1 dari 2 Halaman

Sudah Diuji Coba

imageSudah Diuji Coba

Sementara itu, melansir kantor berita Antara, sepeda motor modifikasi itu telah beberapa kali diuji coba. hal itu dilakukan untuk mengetahui efek sedotan dan semburan air dari mesin sepeda motornya.

"Ternyata normal, tidak ada hambatan. Bahkan usai melakukan pemadam kebakaran hutan dan lahan, motor tersebut saya pergunakan lagi untuk patroli," jelas Hendry Novian.

Menurut dia, saat terjadi kebakaran hutan dan lahan di Jalan To'om Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kalimantan Barat, Rabu (31/7/2019), hasil karyanya berhasil digunakan memadamkan kebakaran tersebut.

Sekilas memang tidak tampak, kalau kendaraan dinas kepolisian yang dipakai oleh Aipda Hendry Novian bisa digunakan untuk memadamkan lahan yang terbakar.

"Sepeda motor itu tidak mengangkut mesin sedot yang lumayan berat, hanya saja di dalam boks bagian belakang selalu tersedia peralatan seperti selang air dan berbagai peralatan lainnya, sehingga dengan mudah dan praktis dimodifikasi ketika diperlukan untuk memadamkan lahan yang medannya cukup sulit dan tidak bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat milik pemadam kebakaran," terangnya.

 

(kpl/tys)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami