Polisi Jaga Setiap 10 Km di Tol Cipali

Banyak aspek yang menyebabkan terjadinya kecelakaan tersebut, antara lain kecepatan tinggi mengingat jarak tol yang cukup panjang yakni lebih dari 116 km atau dua kali Tol Cipularang. SImak beritanya berikut ini Otolovers.

Senin, 20 Juli 2015 14:15
Foto: businesslounge
Editor : Larasati​ ​Zu​hro

Otosia.com - Tol Cipali kini seakan menjadi pusat akses bagi para pemudik menuju kawasan Jawa Barat ke arah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan seterusnya. Di samping itu, di tol yang baru dioperasikan dalam hitungan minggu ini sudah muncul sejumlah kecelakaan cukup fatal.

Banyak aspek yang menyebabkan terjadinya kecelakaan tersebut, antara lain kecepatan tinggi mengingat jarak tol yang cukup panjang yakni lebih dari 116 km atau dua kali Tol Cipularang. Untuk itu pula, pihak kepolisian menyiapkan personelnya.

"Dari kepolisian sendiri sudah menetapkan bahwa setiap 10 km itu ada satu kendaraan polisi yang nanti ada di Cipali. Ini upaya setelah melihat evaluasi kemarin ya," ujar Kepala Bidang Manajemen Operasional dan Rekayasa Korlantas Mabes Polri Kombes Pol Unggul.

Penyebab kecelakaan di Tol Cipali dievaluasi oleh sejumlah pihak. Kecelakaan karena kecepatan sendiri menurut Direktur Keselamatan Transportasi Darat Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, I Gede Pasek Suardika, terjadi karena adanya "culture shock".

"Kenapa menjadi "killing field"? Hampir 90 persen karena manusia. Kenapa? Karena terjadi culture shock di situ. Bayangkan kalau anak-anak yang tidak pernah punya tempat bermain, tiba-tiba dikasih tempat sebesar Monas. Wah, jingkrak-jingkrak, itulah kita semua," ujarnya.

Baca ini Juga Bro!

(kpl/why/lrs)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami