Polda Metro Jaya: 'Boleh Menindak Walau Tanpa Papan Pengumuman'

Polda Metro Jaya, melalui akun facebooknya memberikan pengumuman mengenai penindakan terhadap pelanggaran para pengendara.

Rabu, 18 Mei 2016 13:15
Razia (foto: istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Operasi Patuh Jaya yang sudah mulai dieksekusi semenjak tanggal 16 Mei 2016 yang lalu punya misi yang cukup jelas. Sebagai fasilitas untuk tetap menjaga ketertiban dan kelengkapan dalam berkendara bagi para pengguna roda 2 dan 4.

Bagi beberapa sumber, pengetahuan diberikan atas keberadaan razia dan operasi lalu lintas bahwa setiap operasi dan razia diharuskan dilengkapi dengan surat-surat dan utamanya adalah pengumuman sesuai dengan pasal 22 ayat (1) PP No. 80/2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bemotor Di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Akun facebook Humas Polda Metro Jaya pada 17 Mei 2016 memberikan klarifikasi bahwa untuk khusus penindakan, bisa dilakukan dimana saja dan tak harus berada di pos polisi. "Kegiatan polisi itu ada yang namanya operasi dan ada juga kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari. Kalau operasi harus pakai papan pengumuman, tetapi kalau kegiatan rutin tidak pakai papan pengumuman juga tidak apa-apa," Ujar Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto.

Salah satu alasannya adalah bahwa titik kerawanan lalu lintas itu dinamis dan tidak hanya terjadi di sekitaran pos polisi saja. "Situasi lalu lintas itu kan dinamis, sesuai kerawanan, posisi petugas bisa berubah-ubah, tidak selalu harus di pos. Dia boleh hunting di tempat-tempat rawan," sambungnya.

Lebih jauh lagi, AKBP Budiyanto juga mengungkapkan bahwa bukan masalah bagi para pengendara saat diberhentikan polisi, untuk menanyakan surat tugas. "Boleh dong menanyakan surat tugas,". Bagi yang postingannya tidak bisa terlihat, bisa disimak di link berikut.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami