Pilihan Naked-Bike 150cc Yamaha, Termurah Rp23 Jutaan

Yamaha Indonesia memiliki 6 model yang menghuni segmen naked-bike dengan harga termurah Rp23 jutaan.

Selasa, 17 Desember 2019 15:45
Pilihan Naked-Bike 150cc Yamaha, Termurah Rp23 Jutaan Yamaha XSR 155 (Yamaha)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Meski pasar otomotif Indonesia tengah didominasi oleh skuter matik (skutik), segmen naked-bike 150 cc terbilang masih diminati. Buktinya, berbagai pabrikan menawarkan beragram produk di kelas tersebut.

Berdasarkan situs resmi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), setidaknya ada 6 naked-bike 150cc Yamaha yang ditawarkan. Berikut ulasannya:

1 dari 6 Halaman

Yamaha Byson FI

Yamaha Byson FI

Yamaha Byson FI menjadi naked-bike 150cc termurah dari pabrikan berlogo garpu tala itu di Indonesia. Motor ini  terbilang terjangkau dengan banderol Rp22,95 juta (OTR Jakarta).

Rendahnya harga tersebut disebabkan absennya beberapa fitur dari Yamaha Byson FI, seperti LED headlight dan sasis delta-box. Selain itu, mesinnya hanya bertenaga 12,8 hp dan torsi 12,98 Nm air-cooled dan tak dilengkapi teknologi VVA.

2 dari 6 Halaman

Yamaha Vixion

Yamaha Vixion

Di atas Yamaha Byson, ada Yamaha Vixion yang terkenal dengan sasis delta-box. Meski masih menggunakan suspensi depan teleskopik, naked-bike 150cc ini telah dilengkapi LED headlight dan taillight. Mesinnya pun kini dibekali dengan Assist & Slipper Clutch (ASC).

Tenaga yang dihasilkan mesin 1-silinder SOHC liquid-cooled bertransmisi 5-speed motor ini menghasilkan tenaga 16,4 hp dan torsi 14,5 Nm. Terpasang pula fitur lampu hazard, pass-beam, dan engine cut-off. Saat ini, Yamaha Vixion dijual dengan harga Rp27,7 juta.

3 dari 6 Halaman

Yamaha Vixion R

Yamaha Vixion R

Secara fisik, Yamaha Vixion R memang tak terlalu jauh berbeda dengan Yamaha Vixion. Namun, motor yang dibanderol Rp31,385 juta ini memiliki beberapa fitur tambahan, seperti aluminium swingarm dan shift-timing light.

Tak hanya itu, Yamaha Vixion R juga mengusung mesin yang berbeda, 1-silinder 155 cc SOHC VVA liquid-cooled bertransmisi 6-speed. Dapur pacu baru ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 19 hp dan torsi 14,7 Nm.

4 dari 6 Halaman

Yamaha MT-15

Yamaha MT-15

Yamaha MT-15 terlahir sebagai naked-bike bergaya street-fighter. Basisnya ialah Yamaha Vixion R sehingga mesin dan rangkanya sama, 1-silinder 155 cc SOHC VVA liquid-cooled bertenaga 19 hp dan torsi 14,7 Nm yang terpasang di sasis delta-box.

Hanya saja, Yamaha MT-15 memiliki LED headlight agresif, mirip alien, dengan cover body minimalis yang mengekspos mesinnya, khas Yamaha MT-series. Bagian depannya pun telah dilengkapi suspensi upside-down. Di situs resmi PT YIMM, harga Yamaha MT-15 mencapai Rp36,265 juta.

5 dari 6 Halaman

Yamaha Xabre

Yamaha Xabre

Meski telah menjual Yamaha MT-15, PT YIMM saat ini masih mempertahankan Yamaha Xabre. Naked-bike berkonsep street-fighter itu dibanderol Rp30,7 juta. Hanya saja, sempat beredar rumor bahwa motor tersebut akan disuntik mati pada 2020 mendatang.

Yamaha Xabre mengusung mesin 1-silinder SOHC liquid-cooled yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 16 hp dan torsi maksimum 14,3 Nm. Motor ini telah dibekali LED headlight, swingarm aluminium, dan suspensi depan upside-down.

6 dari 6 Halaman

Yamaha XSR 155

Yamaha XSR 155

Line-up terbaru PT YIMM di kelas naked-bike 150 cc ialah Yamaha XSR 155. Motor berkonsep retro dan modern ini dibanderol Rp36,265 juta. Berbagai komponennya dibentuk bulat tapi menggunakan teknologi terkini, seperti instrumen panel digital dan LED headlight.

Selain itu, Yamaha XSR 155 telah menggunakan sasis delta-box, suspensi depan upside-down, dan aluminium swingarm. Mesinnya sama seperti Yamaha Vixion R dan Yamaha MT-15, 1-silinder 155 cc SOHC VVA liquid-cooled bertenaga 19 hp dan torsi 14,7 Nm.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami