Pilihan Interkom Helm yang Ramah di Kantong Bikers

Alat komunikasi antar biker di helm tengah menjadi tren dengan harga tidak murah. Namun kini ada interkom helm yang cukup ramah di kantong.

Kamis, 28 Mei 2020 19:15
Pilihan Interkom Helm yang Ramah di Kantong Bikers Interkom helm yang ramah di kantong bikers (Istimewa)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Interkom helm tengah tren terutama dengan hadirnya nama-nama besar seperti Sena. Di Sena sendiri, interkom helm yang terpasang dijejali berbagai fitur dengan material yang memang membuatnya berkelas.

Alih-alih, harga yang dipasarkan terpampang untuk level market tertentu. Sena termurah sendiri adalah Sena 3S.

1 dari 3 Halaman

Perangkat komunikasi simpel yang ditujukan untuk pemakaian dengan koneksi 1-2 orang saja tetapi sudah bisa berfungsi untuk angkat telepon dan dengar musik ataupun podcast bersuara jernih.

Yang termahal tentu saja Sena yang sudah dikombinasikan dengan kamera sehingga justru menjadi perangkat simpel bagi motovloger. Bahkan ada pula Sena-Sena yang sudah menyatu dengan helm.

Terakhir, Sena memperkenalkan intercom kamera dengan hasil video setara 4K, yakni Sena 10C Evo.

Ada juga intercom dengan mesh yakni 50S dan 50R yang bukan saja bisa berkomunikasi hingga puluhan orang tetapi juga dengan audio ber-amplifier dan pembagian jalur komunikasi layaknya handy talkie.

2 dari 3 Halaman

Keduanya dipasarkan di harga Rp 4 juta-Rp 5 juta dan diperuntukkan bagi mereka yang menginginkan fitur dan kualitas unggulan.

Lantas apakah pilihan interkom yang tidak semahal Sena tetapi dengan kualitas mumpuni? Baru-baru ini beredar info bahwa akan muncul Parani M10.

Dari tampilannya saja, interkom helm ini sudah punya layar LCD. Layar LCD itu menunjukkan informasi level baterai, volume, dan stasiun radio. Cukup eye catching memang.

3 dari 3 Halaman

Interkom ini sendiri bisa terkoneksi ke 4 rider secara bergantian. Fitur ini memang berbeda dengan Sena yang bisa membuat grup sehingga 4 orang atau lebih bisa ngobrol bareng. Namun cukup lumayan untuk saling panggil dengan 4 orang lain selama touring.

"Dengan kemampuan talk time 8 jam dan streaming musik 6 jam, interkom dengan FM radio ini memanfaatkan Bluetooth 3.0 untuk komunikasi interkom dan koneksi nirkabel ke smartphone," ujar Bro Ron yang memasarkannya via DuniaMotor.com dan juga Juragan Helm, RC Motogarage, Positive Prosport Surabaya, Pugeran Motorsport Yogyakarta, hingga Motoworld Bali.

Jadi, dia bisa koneksi ke musik, GPS dan terima telepon via smartphone, dan bisa juga ngobrol dengan unit Sena dan non-Sena karena punya akses universal intercom pairing.

Satu Parani M10 sendiri dihargai Rp 899.000 atau tidak sampai Rp 1 juta. Menariknya, produk yang siap inden hingga 7 Juni 2020 ini bisa dikembalikan jika pembeli inden kurang puas dengan produk tersebut.

 

 

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami