Pilih Mana, Mobil Transmisi Manual atau Otomatis?

Terkadang, satu model mobil ditawarkan dalam dua macam transmisi, manual dan otomatis. Hal ini kerap menjadi pertimbangan bagi kebanyakan calon pembeli karena kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja itu?

Senin, 25 Juni 2018 12:45
Ilustrasi: Tuas transmisi mobil otomatis/ CNN
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Masyarakat Indonesia saat ini bisa dibilang cukup sulit menentukan pilihan mobil baru. Pasalnya, banyak pabrikan otomotif yang menawarkan produknya di tanah air. Tak hanya model, harga yang ditawarkan pun beragam, mulai Rp100 jutaan, hingga yang mewah di atas Rp 1 miliar.

Padahal, kebingungan kadang muncul ketika dihadapkan pada satu model mobil namun dikemas dalam dua macam transmisi, manual dan otomatis. Hal ini kerap menjadi pertimbangan bagi kebanyakan calon pembeli karena kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja itu?

Transmisi Manual

Tuas transmisi manual

Kelebihan transmisi manual adalah pengendara punya kendali lebih pada mobil. Pasalnya, posisi gear bisa dipindah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan penggunanya.

Menurut confused.com, kebanyakan mobil manual lebih murah ketimbang versi transmisi otomatis. Bahkan beberapa orang memilih mobil manual dengan alasan mereka merasa lebih mantap ketika harus memindah gear sendiri.

Namun, butuh perhatian lebih ketika mengendarai mobil manual. Pasalnya, terdapat tiga pedal, yaitu gas, rem, dan kopling serta pengendara harus menarik tuas transmisi ketika mengganti posisi gear. Biasanya, ketimbang mobil otomatis, rasa lelah akan lebih cepat muncul ketika pengendara mobil manual harus berhadapan dengan macet.

Transmisi Otomatis

Tuas transmisi otomatis

Biasanya, alasan orang membeli mobil bertransmisi otomatis ialah praktis. Maksudnya, mereka tak perlu repot-repot menginjak pedal kopling dan menarik tuas transmisi.

Hal ini cukup membantuk ketika mobil harus stop and go saat melintas di jalanan macet. Berkendara dalam kecepatan rendah juga lebih nyaman. Selain itu, perpindahan gigi secara otomatis juga lebih halus.

Konsumsi Bahan Bakar

2018 Ford Mustang GT Manual

Kerap ada yang beranggapan bahwa mobil manual lebih irit atau pun efisien ketimbang mobil otomatis. Alasannya tentu karena penggantian gear bisa dilakukan sesuai keinginan pengendara. Artinya, mobil bisa beradaptasi lebih cepat dengan kondisi jalan.

Namun, itu adalah masa lalu. Kini, berbagai teknologi diciptakan supaya mobil otomatis juga bisa hemat bahan bakar, bahkan lebih baik ketimbang mobil manual. Selain itu, perilaku berkendara juga berperan pada efisiensi bahan bakar.

Lantas, mana yang lebih baik?

2017 Porsche 911 Carrera GTS PDK Automatic

Secara umum, mobil otomatis lebih nyaman ketika digunakan sebagai kendaraan harian, terlebih di kota-kota yang jalanannya sering macet. Namun, jika Otolovers menginginkan akselerasi dan kecepatan serta harus melalui jalanan yang penuh tantangan seperti off-road, mobil manual bisa menjadi pilihan yang baik.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami