Pilih Kawasaki J125 atau Kymco Downtown 125i?

Kymco sendiri memiliki produk-produk di kelas yang sama dengan Kawasaki J125 dan mengandung dapur 125cc bernama Downtown 125i ABS.

Selasa, 15 Desember 2015 15:45
Pilih Kawasaki J125 atau Kymco Downtown 125i? Kawasaki J125 vs Kymco Downtown 125i

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Debut perdana Kawasaki J125 yang juga disebut sebagai 'Ninja Matik' meneruskan model lamanya J300 memang membawa nuansa segar di tengah skuter bongsor khususnya kawasan Eropa. Dengan kubikasi mesin yang lebih kecil, harapannya banderolan harganya pun lebih ringan.

Gaung nama Kawasaki J125 pun telah sampai di Tanah Air yang memang menjadi salah satu negara paling potensial untuk para automaker dunia memasarkan produk-produk mereka.

Pihak Kawasaki yang diwakili oleh Kazuya Ikebuchi GM Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia kepada otosia.com di sirkuit internasional Sentul, Bogor, Senin pagi (30/11/2015), sama sekali tidak menampik kemungkinan spesies anyar ini bakal masuk Indonesia.

J125 digarap oleh Kymco dan dispesialkan untuk pasar Eropa. Menurut Ikebuchi, sebagian negara di benua ini menjadi sasaran matik besar karena memang model kendaraan itu populer di sana.

Menariknya, Kymco sendiri memiliki produk-produk di kelas yang sama dan mengandung dapur 125cc bernama Kymco Downtown 125i ABS. Jika keduanya disandingkan, manakah yang sekirannya cocok untuk orang Indonesia?

1 dari 3 Halaman

Perbandingan Tampilan

Perbandingan Tampilan

Bicara soal penampilan, keduanya memang disiapkan sebagai sebuah matik bongsor dengan karakter tegas dan berotot. Tapi jika dibandingkan, Kawasaki J125 sebagai brand-new mengandung lekukan-lekukan menyudut yang lebih kaya sehingga terkesan sporty dan dinamis.

 

Dengan unsur ciptaan produsen yang sama, tidak menutup kemungkinan keduanya memiliki kemiripan. Salah satunya bisa dilihat dari instrumen panel yang mencampurkan antara analog dan digital. Sehingga penampkanannya pun makin modern. Sudut-sudutnya pun serupa lewat double analog di sisi kiri dan kanan, serta elemen digital di tengah.

Sedangkan mengintip kapasitas bagasi, keduanya pun meluangkan ruang yang sangat lapang hingga cukup untuk menyimpan helm full-cace. Tapi untuk Kymco 125i punya dimensi lebih luas lagi karena nyatanya muat untuk dua helm full-face.

2 dari 3 Halaman

Spesifikasi

Spesifikasi

Kymco 125i tidak ubahnya Kawasaki J125 dengan standar pengereman ABS, leather 2-up seating untuk dua penumpang, suspensi belakang telescopic dan two piston caliper 240mm.

Sekarang mari membandingkan dari karakter dapur pacu. Dari spesifikasi teknis yang dirilis oleh Kawasaki dan Kymco Global, mereka memakai dapur pacu 125cc SOHC berpendingin air, 4-katup, single silinder. Klaim power pun sama, yakni 14 hp pada 9.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 11 Nm pada 7.000 rpm. 

Sekarang mari membandingkan dari karakter dapur pacu. Dari spesifikasi teknis yang dirilis oleh Kawasaki dan Kymco Global, mereka memakai dapur pacu 125cc SOHC berpendingin air, 4-katup, single silinder. Klaim power pun sama, yakni 14 hp pada 9.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 11 Nm pada 7.000 rpm.  

Untuk masalah transmisi, si kembar tapi beda ini memakai komponen CVT sehingga sanggup menghemat bahan bakar. Bahkan untu konsumsi bahan bakarnya, Kymco 125i menorehkan angka 46 liter/km dalam kecepatan rata-rata 40 km/h.

 

3 dari 3 Halaman

Komparasi Harga

Komparasi Harga

Di kawasan Eropa, Kawasaki J125 sudah mulai dipasarkan dengan kisaran harga £3,799 atau setara dengan Rp 81 jutaan. Sedangkan untuk Kymco Downtown 125i lumayan jauh lebih murah dengan €4.099 atau sama dengan Rp 64 jutaan.

Nah, menurut Otolovers yang tentu saja tahu selera Indonesia, mana nih yang lebih keren?

(kpl/sdi)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami