Pertumbuhan Mobil Hybrid Butuh Industri Komponen Lokal

Masih seputar rancangan peraturan tentang mobil hibrida di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) meminta Pemerintah juga memperhatikan kesiapan industri komponen mobil berbahan bakar minyak dan listrik tersebut di Tanah Air. Salah satu contohnya adalah kebutuhan akan baterai untuk menyimpan energi listrik mobil hibrida.

Kamis, 21 Juni 2012 23:05
Ilustrasi Honda CR-Z
Editor : Anton
Kapanlagi.com - Masih seputar rancangan peraturan tentang mobil hibrida di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) meminta Pemerintah juga memperhatikan kesiapan industri komponen mobil berbahan bakar minyak dan listrik tersebut di Tanah Air. Salah satu contohnya adalah kebutuhan akan baterai untuk menyimpan energi listrik mobil hibrida.

Dalam waktu dekat masih memungkinkan untuk dilakukan impor baterai tersebut, selama masih belum ada pabrik baterai mobil hibrida di Indonesia. Namun lama-kelamaan bisa menghambat pertumbuhan mobil hibrida, karena tingginya harga komponen sebagai dampak bea impor.

"Kalau masih boleh impor, masih bisa, tapi butuh insentif untuk komponen supaya bisa murah," jelas Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM di Jakarta, Rabu (20/6).

Meski belum ada regulasi pasti dari pemerintah, Honda memastikan siap memasarkan mobil hibrida ke Indonesia. Honda mengaku sudah memiliki 'line-up' model-model potensial yang bisa dijadikan andalan kalau regulasi ini dikeluarkan, seperti Insight, CRZ atau Fit yang semuanya berteknologi hibrida.

"Untuk memproduksi mobil hibrida, volume ideal 1.000 unit per bulan. Kita harus hitung dulu ongkos produksinya. Kalau nanti dengan insentif lebih murah, bisa saja lebih kecil," tandas Jonfis.

Jonfis yakin Indonesia berpotensi menjadi basis produksi mobil hibrida karena potensi pasar yang besar dan mendorong prinsipal menambah investasinya di Indonesia, jika regulasi yang dibuat nantinya benar-benar tepat guna. (kpl/bun)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami