Pertamina Ungkap Alasan Mengapa Masih Jual Premium

Keputusan untuk berhenti atau terus menjual Premium bukan berada di tangan Pertamina. Menjual Premium adalah menjalankan tugas dari Pemerintah.

Rabu, 16 September 2020 16:15
Pertamina Ungkap Alasan Mengapa Masih Jual Premium Pengisian BBM di SPBU Cikini (liputan6.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Indonesia menjadi satu dari tujuh negara di dunia yang masih menjual BBM dengan nilai oktan 88, yakni Premium. Tapi Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang masih menjual Premium.

"Memang masih ada tujuh negara yang menggunakan BBM jenis ini (Premium), seperti Indonesia, Kolombia, Mongolia, Mesir dan Bangladesh. Kalau negara tetangga terdekat kita Malaysia, Singapura dan Kamboja itu sudah tidak menggunakan RON 88," ungkap Unit Manager Communication & CSR Pertmina MOR III wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten, Eko Kristiawan, disitat dari Liputan6.com.

Lalu mengapa masih menjual Premium? Pertamina menegaskan bahwa hal ini merupakan tugas dari Pemerintah.

1 dari 1 Halaman

"Premium ini kan termasuk jenis bahan bakar penugasan dari Pemerintah. Artinya Pertamina di sini menjalankan tugas perintah melalui Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018," ungkap Eko.

Eko juga menegaskan, kewenangan untuk tak lagi menjual BBM jenis premium tak berada di tangan Pertamina, karena pihaknya hanya menjalankan perintah penugasan yang diberikan.

"Ketika ini sifatnya penugasan, untuk tetap menyediakan BBM jenis premium di masyarakat. Artinya kewenangan itu bukan di pertamina, karena ini sifatnya penugasan jadi kita hanya menjalanakan tugas dari pemerintah," tuturnya.

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami