Pertamina Siapkan Produksi BBM Setara Euro 4 dan 5

Sejalan dengan perkembangan teknologi otomotif yang menuntut penggunaan bahan bakar yang berkualitas, Pertamina menyatakan siap menyediakan BBM setara Euro 4. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang akan menerapkan penggunaan BBM berkualitas setara Euro 4.

Rabu, 28 Maret 2018 07:15
Foto Ilustrasi by Nazzarudin Ray
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazzarudin Ray

Otosia.com - Sejalan dengan perkembangan teknologi otomotif yang menuntut penggunaan bahan bakar yang berkualitas, Pertamina menyatakan siap menyediakan BBM setara Euro 4. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang akan menerapkan penggunaan BBM berkualitas setara Euro 4.

"Menjelang pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018 dan Pertemuan IMF pada Oktober 2018, pemerintah mensyaratkan penggunaan BBM setara Euro 4 mulai bulan Mei 2018 di Jabodetabek, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Banyuwangi, Bali, Bandung dan Labuan Bajo," ujar Arya Dwi Paramita, Manager External Communication PT Pertamina (Persero) dalam Obolan Ringan Otomotif, Mitos & Fakta, Seputar BBM dan Pelumas, di Bogor, kemarin.

Persiapan BBM setara Euro 4, kata Arya, sesuai peraturan akan berlangsung secara bertahap di Indonesia. Ketersediaan dan distribusi BBM berkualitas akan berdampak positif bagi kepentingan produksi dan daya saing industri otomotif nasional.

"BBM berkualitas dan ramah lingkungan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, apalagi produsen otomotif telah mensyaratkan BBM berkualitas tinggi dengan oktan 92 untuk kendaraan di atas tahun 2010," papar Arya.

Menurut Arya Pertamina berupaya melakukan modernisasi kilang (Refinery Development Masterplan Program/RDMP) dan pembangunan kilang baru (Grass Root Refinery/GRR). Dalam 5 hingga 7 tahun ke depan Pertamina menargetkan bisa memproduksikan BBM berkualitas dan ramah lingkungan standar Euro-5.

Saat ini, sejumlah kilang Pertamina antara lain di Balikpapan, Balongan dan Cilacap, telah disiapkan untuk menghasilkan produk BBM berkualitas tinggi seperti Pertamina Dex, Pertamax dan Pertamax Turbo.

"Sesuai Peraturan Menteri KLHK No 20 tahun 2017, maka BBM berkualitas tinggi dan ramah lingkungan akan menjadi pilihan masyarakat. Penyediaan BBM berkualitas merupakan komitmen Pertamina menekan pencemaran udara dan menjamin efisiensi kendaraan," ujar Arya.

Berdasarkan laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, polusi di sejumlah kota besar di Indonesia telah melampaui ambang batas baku mutu udara yang sehat. Jakarta misalnya, Per Januari 2017 – Januari 2018, kualitas udaranya mencapai 35 ug/m3, sudah melampaui standar WHO 25 ug/m3. Penyebab utamanya adalah gas buang kendaraan bermotor dengan mesin yang menggunakan BBM berkualitas rendah.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/nzr/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami