Pertama Kali di Eropa, Penjualan Mobil Hybrid dan Listrik Kalahkan Diesel

Untuk pertama kalinya penjualan mobil hybrid dan listrik di Eropa kalahkan diesel

Sabtu, 31 Oktober 2020 19:15
Pertama Kali di Eropa, Penjualan Mobil Hybrid dan Listrik Kalahkan Diesel Mobil listrik BMW i3s (Electrek.co)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Berbagai produsen mobil di seluruh dunia mulai serius menggarap sektor kendaraan listrik. Dipastikan mobil jenis ini akan menjadi tulang punggung industri otomotif di masa masa depan.

Era mobil listrik tampaknya telah dimulai. Perlahan tapi pasti, kendaraan ramah lingkungan ini mulai menggeser mobil konvensional, seperti mesin bensin dan diesel.

Hal itu telah terjadi di Eropa. Penjualan mobil hybrid dan listrik di sana sudah mengalahkan mesin diesel pada periode September 2020. Dan ini merupakan pertama kalinya terjadi di benua biru.

1 dari 2 Halaman

Melansir Autoexpress, ada sebanyak 1,3 juta mobil baru yang terdaftar di Eropa pada September lalu. Dan mobil listrik terjual sebanyak 327.000 dan diesel 322.400. Sedangkan mobil bermesin bensin masih menguasai pasar dengan perolehan 47 persen.

Data tersebut tentu cukup menarik. Pasalnya dalam satu dekade terakhir setengah dari penjualan mobil di Eropa adalah varian diesel. Pasar mobil diesel telah merosot menjadi 24,8 persen.

2 dari 2 Halaman

Hal ini dipengaruhi oleh skandal Dieselgate atau memanipulasi emisi gas buang mesin diesel yang dilakukan oleh beberapa pabrikan. Selain itu, pemerintah regional dan nasional terus menekankan kepada konsumen dan pembuat mobil untuk mengurangi emisi karbon.

Faktor itulah yang membuat pertumbuhan mobil hybrid dan listrik di Eropa begitu cepat.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami