Perpanjang SIM 'Online' Dibuka Mulai 27 September

Ipung juga menambahkan bahwa prosedurnya sebenarnya sama saja, yakni hanya membutuhkan SIM yang sudah diperpanjang via online dan KTP lengkap dengan NIK E-KTP.

Sabtu, 19 September 2015 15:45
Ilustrasi SIM by Nurrohman Sidiq
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Perpanjangan Surat Izin Mengemudi  (SIM) bisa dilakukan secara online per tanggal 27 September 2015. Kini, setiap pemilik SIM diberi hak untuk memperpanjang SIM di Satpas SIM seluruh Indonesia tanpa harus kembali kedaerah pembutan.

Juru Bicara Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Ipung Purnomo menjelaskan, warga Jadetabek atau mereka yang membuat SIM di ruang wilayah Polda Metro Jaya, bisa melakukan perpanjangan dari mana pun.

Ipung juga menambahkan bahwa prosedurnya sebenarnya sama saja, yakni hanya membutuhkan SIM yang sudah diperpanjang via online dan KTP lengkap dengan NIK E-KTP. Dengan demikian, proses registrasi akan semakin nyaman karena bisa dilakukan di lokasi-lokasi SIM keliling.

"Namun kalau SIM nya sudah habis tidak bisa lagi. Harus masih berlaku. Kecuali kalau baru 1 atau 2 hari habis masih bolehlah. Tapi kalau sudah sampai 3 bulan tak berlakunya ya tak bisa perpanjangan online-nya," pungkas Ipung kepada merdeka.com, Kamis (17/9).

Sementara itu, Kepala Seksi Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas SIM) Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Kunto Wibisono memperinci, perpanjangan SIM online itu akan diluncurkan saat car free day di kawasan Sudirman-Thamrin pada hari Minggu (27/9).

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami