Pernahkah Anda Mendengar Istilah 'Bau Mobil Baru'? Apa Maksud Sebenarnya?

Minggu, 11 Juni 2017 12:42
Ilustrasi by Carwow
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - "Bau mobil baru", kata-kata itu mungkin sering dilontarkan oleh orang terdekat Anda yang saat itu mengetahui bahwa Anda baru saja membeli mobil, dan kondisinya masih totally new. Tapi di balik ungkapan tersebut, tahukah sebenarnya ada maksud tersembunyi yang bisa diukur secara nalar?


Ya, bau mobil baru memang sering dikaitkan dengan pujian atau sindiran yang berarti orang lain sedang memberikan perhatian lebih bahwa mobil Anda baru keluar dari dealer. Di samping itu, secara ilmiah, memang aroma tersebut punya ciri khas yang selalu melekat dan erat dengan mobil baru.

Ben Bowlin dari BrainStuff menemukan bahwa bau-bauan itu muncul dari campuran berbagai benda yang ada pada pada mobil, seperti kuli jok, cat, dan juga dashboard.


Material-material yang digunakan untuk meramu part-part mobil baru, contohnya polyurethane atau polyester memang dikenal memiliki kemampuan untuk menahan perubahan suhu udara. Belum lagi ditambah dengan berbagai aroma lain contohnya dari plastik, sealant, dan pelepasan volatile organic compounds (VOCS) ke udara yang disebut dengan 'outgassing'. Itulah mengapa muncul aroma khas yang menyuruak dari mobil baru.

Lalu apa bedanya dengan mobil-mobil yang sudah sering dipakai? Bayangkan saja berapa kali mobil Anda pakai? Di mana Anda memarkirkannya? Berapa jam Anda menggunakan AC? Atau jenis parfum apa yang Anda pakai di dalam kabin? Semua hal tersebut tentu saja menjadi pembanding mengapa aroma khas mobil baru perlahan luntur setelah mobil dipakai beberapa waktu.

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami