Perlu Ada Standarisasi Lomba Otomotif di Tanah Air

Perbedaan kualitas penyelenggaraan event otomotif di Tanah Air mendorong IMI melakukan upaya keras untuk menciptakan standardisasi yang ideal.

Sabtu, 29 Oktober 2016 14:15
Foto: IMI
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Perbedaan kualitas penyelenggaraan event otomotif di Tanah Air mendorong IMI melakukan upaya keras untuk menciptakan standardisasi yang ideal. Penerapan standarisasi dunia motorsport ini diharapkan mampu menciptakan iklim lomba yang baik dan menghasilkan olahragawan berprestasi di level nasional maupun internasional.

"Promotor nasional belum memiliki standard kualitas yang sama, maka dari itu diperlukan pengetahuan-pengetahuan baru bagi para penyelenggara event agar standardisasi yang ideal dalam perlombaan olahraga otomotif serta kegiatan-kegiatan wisata lainnya dapat segera tercipta," ujar Sadikin Aksa, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia pada workshop dan ujian bertajuk 'Sharing Perspectives' di Jakarta belum lama berselang.

Ikin, sapaan akrab Sadikin Aksa juga mengaku bahwa minimnya pengetahuan para penyelenggara event menyebabkan mereka tidak mengetahui prosedural yang seharusnya diperhatikan ketika akan membuat suatu perlombaan. Hal ini pun tak luput menjadi agenda utama yang dibicarakan dalam workshop Sharing Perspectives oleh pakar sekaligus promotor veteran dengan segudang pengalaman seperti Helmy Sungkar dan Tjahjadi Gunawan.

Ia berharap agar ke depannya workshop seperti ini dapat dilakukan secara berkala, karena memang masih banyak yang perlu diperbaiki dari dunia otomotif di Tanah Air, seperti halnya segi bisnis atau komersialisasi yang sebenarnya sangat diperlukan dalam dunia olahraga otomotif, namun masih dipandang sebelah mata oleh banyak pihak.

Acara yang berlangsung dengan lancar tersebut diikuti oleh kurang lebih sebanyak 40 pihak yang terdiri dari Promotor Nasional, penyelenggara event, hingga klub-klub otomotif. Mereka datang dari seluruh penjuru Tanah Air untuk berkumpul bersama, bertukar pikiran, serta mendapatkan pelajaran-pelajaran baru seputar dunia olahraga otomotif.

"Saya berharap agar media juga ikut memantau acara-acara otomotif atau berbagai event yang digagas oleh IMI. Seperti bagaimana membungkus perlombaan menjadi menarik, bagaimana suatu perlombaan dapat tersebar luas ke seluruh masyarakat, dan lain sebagainya. Semoga event atau kejuaraan-kejuaraan bisa semakin mendapatkan sorotan, karena saya menilai media punya peran yang sangat kuat dalam hal ini," imbuh Boy Haryanto, Ketua Badan Pengawas IMI

Ia berharap agar media juga turut berperan aktif dalam membangun kancah olahraga otomotif di Tanah Air.

Nantinya, berbagai saran atau masukan yang diperoleh IMI dari promotor-promotor atau penyelenggara event nasional yang mengikuti workshop Sharing Perspectives ini akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMI yang bakal diselenggarakan pada 13 hingga 15 Desember 2016 mendatang di Ciater, Jawa Barat.

News Menarik Dunia Balap Lainnya

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami