Perjalanan Mobil Listrik Tesla, dari 1 Model Sampai Jadi Rival Porsche

Menilik perjalanan hebat dari pabrikan mobil listrik asal Amerika, Tesla. Berawal dari 1 model, kini mereka jadi pesaing pabrikan raksasa, Porsche.

Rabu, 02 Oktober 2019 08:15
Perjalanan Mobil Listrik Tesla, dari 1 Model Sampai Jadi Rival Porsche Tesla Model 3 (Fortune.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Beberapa waktu lalu, pabrikan asal Jerman, Porsche secara resmi merilis mobil listrik pertamanya, Porsche Taycan. Kehadiran EV (electric vehicle) ini telah ditunggu oleh para penggila mobil.

Meski sudah lama dinanti dan dielu-elukan bagaimana Porsche akan membuat mobil listrik, tentunya produk Porsche langsung dibandingkan dengan si juara mobil listrik yakni Tesla. Deretan tajuk di media online terus-terusan menyebut Taycan sebagai "Tesla Killer."

Tak mengherankan media menyebut demikian. Karena dari berbagai ulasan, Taycan disebut sebagai mobil listrik yang luar biasa. Namun, tentu saja Taycan terasa hebat karena selalu dibandingkan dengan Tesla.

Taycan pun dibandingkan dengan Tesla Model S P100D yang telah lama disebut sebagai juara kendaraan elektrik. Keduanya, Taycan dan Model S, mengambil segmen mobil elektrik super.

1 dari 2 Halaman

Kebangkitan Tesla

Kebangkitan Tesla

Hal ini jadi terasa luar biasa karena Tesla berada di urutan teratas asumsi masyarakat soal mobil listrik, dan Tesla-lah yang satu-satunya berangkat dari awal mengusung konsep kendaraan elektrik. Toyota mungkin berada setelahnya, namun kita tahu bahwa Toyota adalah perusahaan otomotif konvensional.

Terasa makin luar biasa karena Porsche adalah raja di mobil bensin. Porsche banyak diakui sebagai pembual mobil terbaik di planet Bumi, baik itu supercar maupun SUV. Terlebih lagi, Porsche telah berumur 88 tahun.

Nah, mari kita lihat Tesla. Perusahaan besutan Elon Musk ini baru ada selama 15 tahun saja. Ketika dimulai, ia hanya memiliki satu produk mobil listrik, yakni Roadster generasi pertama. Namun kejayaan dimulai sejak 2012 di mana Model S sedan muncul.

Saat ini Model S yang baru ada selama tujuh tahunan ini harus memaksa si veteran Porsche untuk menelurkan produk dengan segmen serupa untuk tetap berada di jajaran pabrik otomotif terbaik. Namun tak bisa dipungkiri pula hal ini karena mobil listrik adalah masa depan.

2 dari 2 Halaman

Gilanya Bisnis Otomotif

Gilanya Bisnis Otomotif

Bisnis otomotif adalah bisnis yang mengerikan, terutama bagi mereka yang punya idealisme dab cita-cita tinggi terhadap apa yang jadi produknya. Perusahaan seperti Tucker, Fisker, semuanya gulung tikar. Aston Martin bahkan telah bangkrut tujuh kali namun mampu bangkit.

Mengutip dari Merdeka.com, Tesla berada di titik anomali. Meski hampir bangkrut di 2008 silam, kini perusahaan ini bisa dibilang yang tersukses di ranah mobil listrik.

Bahkan, seperti yang telah kita bahas di atas, Tesla yang hanya berangkat dari satu buah mobil di 2003 lalu, mampu menantang Porsche untuk ikut meramaikan industri mobil listrik.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/crn)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami