Perjalanan Mobil Esemka, Mulai Muncul Hingga Akhirnya Diresmikan

Simak sejarah singkat mobil Esemka sejak kemunculan pertamanya hingga akhirnya diresmikan Presiden Jokowi.

Kamis, 12 September 2019 08:15
Perjalanan Mobil Esemka, Mulai Muncul Hingga Akhirnya Diresmikan Mobil Esemka (Merdeka.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Jumat pekan lalu (6/9), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas produksi Esemka di Boyolali. Meski bukan mobil nasional, Esemka merupakan merek dan pabrikan Indonesia. Mobil ini sempat menjadi andalan Jokowi saat di Solo.

Namun, mengutip dari Merdeka.com,  tak lama Esemka terpaksa dikandangkan karena mengalami beberapa kendala. Bahkan Esemka sempat digadang-gadang akan menjadi mobil nasional. Lalu bagaimana awal muncul mobil Esemka? Berikut ulasannya:

1 dari 4 Halaman

Karya Siswa SMK

Karya Siswa SMK

Esemka merupakan mobil hasil karya para siswa jurusan otomotif, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. Mobil ini dikembangkan pada tahun 2007. Anak-anak SMK ini membuat mobil dibimbing oleh pemilik Bengkel Kiat di Klaten bernama Sukiyat.

Awalnya Sukiat hanya ingin membantu pelajar SMK itu melakukan praktik membuat bodi mobil. Dia mengajarinya dengan menggunakan mobil Toyota Crown. Mobil tersebut dibongkar, kemudian para siswa diajari membuat mobil secara manual.

Karena hanya niat mengajari membuat badan mobil, maka mesin yang digunakan sudah jadi. Namun uniknya, Sukiyat mengarahkan para siswa untuk membuat bodi Toyota Land Cruiser meski aslinya mobil sedan. Sedan itu kemudian berubah menjadi mobil sport utility vehicle (SUV).

2 dari 4 Halaman

Tak Lolos Uji Emisi

Tak Lolos Uji Emisi

Pada tahun 2010, mobil Esemka tidak lolos uji emisi gas buang karena dinilai terlalu tinggi. Padahal syarat untuk memproduksi mobil secara massal harus lulus uji emisi.

Namun, Esemka tak menyerah. Pada awal 2012, mobil itu ikut tes kembali dan hasilnya lolos. Akan tetapi setelah itu, kabar produksi Esemka sempat hilang di permukaan.

Namun ternyata Esemka tidak 'menghilang'. Saat itu anak negeri tengah melakukan produksi namun tak dipublikasikan.

3 dari 4 Halaman

Jadi Mobil Dinas Jokowi

Jadi Mobil Dinas Jokowi

Mobil Esemka mulai menjadi sorotan saat Jokowi Hadi Rudiyatmo menggunakannya sebagai mobil dinas. Saat itu keduanya masih menjabat sebagai wali kota dan wakil wali kota Surakarta.

Akan tetapi, Jokowi hanya menggunakan mobil Esemka selama dua hari. Hal itu karena kelengkapan surat-surat mobil Esemka belum ada. Maka Esemka pun dikandangkan.

4 dari 4 Halaman

Pabrik Esemka Diresmikan

Pabrik Esemka Diresmikan

Setelah penantian panjang, akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik Esemka di Boyolali. Selain peresmian pabrik, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) meluncurkan juga produk mobil niaga Esemka jenis pick up Bima 1.200 cc dan Bima 1.300 cc.

Mobil karya anak negeri ini akan dijual dengan kisaran harga Rp 150 juta.

"Mobil Esemka ini adalah brand Bangsa Indonesia, karya anak bangsa sendiri. Saya sudah lihat sendiri tadi," kata Jokowi, Jumat (6/9). 

Sumber: Merdeka.com

(kpl/crn)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami