Perjalananan 1.107 Km Bersama Suzuki Bandit 150 Berakhir Seru

Setelah menempuh perjalanan sejauh 1.107 km, akhirnya touring Suzuki Bandit 150 menyentuh garis finish.

Minggu, 28 Oktober 2018 13:22
Touring Suzuki Bandit 150 (Istimewa)
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Test ride Suzuki GSX150 Bandit lebih dari 1000 km akhirnya mencapai finish di kota Bandung, Kamis malam (25/10) setelah menempuh perjalanan dari Pangadaraan, Jawa Barat. Rute Pangandaraan-Bandung merupakan etape keempat atau terakhir dari touring bertajuk 'Teman Satu Tujuan' yang dimulai dari kota Surabaya.

Pada etape keempat sejauh 292 km ini, jalur yang dilalui tidak jauh berbeda dengan tipikal etape ketiga (Yogyakarta-Pangandaraan) dimana banyak jalan menurun dan menanjak dengan kelokan-kelokan tajam.

Bisa dibilang etape terakhir ini adalah gabungan dari etape 1, 2, dan 3, baik perkotaan padat, jalan setapak, perkampungan hingga bukit-bukit, termasuk tetap berjalan saat hujan deras, sehingga sangat menguras tenaga 15 rider yang terdiri dari para jurnalis dan dua orang lady bikers.

Yang menarik, dengan karakter rute yang mirip dengan trek sebelumnya, efisiensi pemakaian bahan bakar para rider main meningkat.

Misalnya di etape terakhir ini, terendah diangka 45 km per liter, dan tertinggi didapat beberapa peserta, yakni di angka 56 km per liter. Sebelumnya, di etape-etape awal, terboros di kisaran angka 37,5 km per liter, dan terefisien 53,5 km per liter.

Jalur pesisir pantai selatan Jawa Barat dari Pangandaran sampai Pamengpeuk sangatlah eksotis dan wajib menjadi daftar perjalanan seluruh penhobi touring. Ditambah daerah perbuktian berkelok dari Pamengpeuk menuju Garut yang sangat menyegarkan sambil meinkmati pemandangan perkebunan teh di bawah kaki gunung Papandayan.

Di etape ini, salah satu rute jalan menantang adalah menghadapi kabut tebal berudara sangat dingin serta jarak pandang yang pendek di jalur berkelok-kelok hingga masuk ke kota Garut. Meski menjadi rintangan yang sulit di hadapi pada hari terakhir, namun ternyata seluruh rider dapat terus menyamakan kecepatan dan ritme berkendara.

Selepas itu, perjalanan dilanjutkan hingga mencapai titik finish di Hotel Grand Mercure, Bandung dengan terlebih dahulu membelah kemacetan lalu lintas kota sekaligus menyapa warga sekitar.

Perjalanan etape 4 ini tidak hanya menguji daya tahan Suzuki GSX150 Bandit, namun juga kesehatan fisik para rider, mengingat sudah melakukan perjalanan selama 4 hari. Meski demikian, para peserta menunjukan kesegaran kondisi tubuh selama perjalanan, ditunjang pemandangan alam yang indah serta kenyamanan Suzuki GSX150 Bandit sebagai andalan perjalanan jarak jauh saat ini.

Dengan total jarak tempuh sebesar 1107 kilometer. Ini artinya melebihi target awal 1000 km. Touring sejauh tersebut boleh dibilang tanpa menemui kendala, baik sisi teknis maupun fisik pengendara, kareda sangat didukung oleh karakter motor yang pas untuk biker yang doyan touring, terutama dari sisi riding position (stang), posisi duduk, sampai suspensi yang mampu meredam beragam handicap jalan.

Ditambah lagi pemilihan ban Dunlop 110-17/70 depan dan 130-17/70 belakang yang cukup mantap menapak di jalan kering dan basah, dengan landasan aspal, mulus, bergelombang, berlubang, berpasir, dan tanah merah.

"Dalam perjalanan touring beberapa hari penuh kebersamaan ini, kita semua merasakan seluruh perbedaan karakter yang beragam, namun justru membuat keindahan dan rasa perjalanan yang lengkap dan menyenangkan. Pemilihan rute dan dipadu kesiapan serta pengalaman rider peserta membuat perjalanan terlaksana dengan lebih baik, kesimpulannya adalah pentingnya persiapan matang sebelum melakukan perjalanan agar tetap safety dan menyenangkan," kata Yohan Yahya – Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales saat menyambut rombongan finish di Bandung.

Dengan sejumlah tantangan karakter jalan dan cuaca yang berhasil dilewati tanpa kendala, tim touring dengan kekompakan luar biasa ini berhasil menjadi inisiasi sekaligus menjadi semacam pemberi rekomendasi bahwa GSX150 Bandit dapat menjadi pilihan bagi biker yang doyan perjalanan jauh, sekaligus sebagai kendaraan harian untuk perkotaan dan jarak dekat.

Selama touring, seluruh rider mengaku nyaman bersama Bandit 150 dengan segala fitur dan kepraktisan yang diberikan GSX150 Bandit. Selain itu, tujuan lain dari touring 'Teman Satu Tujuan' ini tercapai, yakni menginspirasi publik untuk mecintai keindahan alam dan rute-rute menarik di Indonesia.

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh rider beserta tim pendukung yang telah sukses menjalankan rangkaian touring merasakan Suzuki GSX150 Bandit hingga maksimal. Kami berharap dapat melanjutkan rangkaian touring-touring lain selanjutnya bersama teman-teman lain yang juga akan menikmati kenyamanan Suzuki GSX150 Bandit," tutup Yohan Yahya.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/prl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami