Perhatikan Ini, Kalau Ban Serep Mobil Berukuran Lebih Kecil

Jika ban serep mobilmu berukuran lebih kecil, maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat menggunakan ban cadangan itu.

Rabu, 30 Mei 2018 15:45
Foto ilustrasi by chrisparente.com
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com -

Mayoritas, ban serep berukuran lebih kecil. Sebab, ukuran ban cadangan ini juga disesuaikan dengan ukuran bagasi mobil yang tak semuanya bisa mengangkutnya.

Lebih kecilnya ukuran ban serep mobil ini sebenarnya sudah umum. Namun, banyak konsumen yang belum mengetahui hal ini.

Seperti yang diinformasikan situs Doityourself, otolovers harus tahu fakta-fakta yang harus diketahui terkait ban cadangan yang berukuran yang lebih kecil :

1. Jaga Kecepatan Maksimum

Bagi pemilik mobil yang sudah mengganti ban standar dengan ban cadangan yang berukuran lebihk kecil, sebaiknya jaga kecepatan kendaraan.

Dengan ban berukuran kecil, kecepatan yang disarankan hanya sekitar 80 km/jam.

Jadi, tidak ada kecepatan tinggi saat melaju di jalan bebas hambatan. Disarankan, gunakan jalanan perkotaan, dengan kondisi jalan yang tidak memungkinkan melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi.

2. Mengurangi Fitur

Dengan ukuran yang lebih kecil, ban cadangan bisa menonaktifkan beberapa fitur, seperti ABS dan kontrol traksi.

Ban dengan ukuran yang lebih kecil juga bisa mengurangi traksi. Jadi, pengendara harus berhati-hati, untuk tidak berhenti mendadak atau melakukan manuver secara mendadak dan tidak terduga.

Selain itu, dengan ukuran ban yang kecil, otomatis juga tidak bisa menahan beban seperti ban dengan ukuran yang normal atau standar.

3. Tekanan Angin Harus Tepat

Ban serep dengan ukuran kecil sebaiknya memiliki tekanan 60 Psi. Jadi, selalu bawa alat pompa agar tekanan angin di ban cadangan selalu tepat.

Namun, perlu diingat jika umur normal untuk ban apapun jenisnya, adalah enam tahun. Ban cadangan juga harus diganti jika sudah memasuki batas umur ban.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami