Perhatikan Hal Satu Ini Sebelum Mulai Perjalanan Mudik 2018

Persiapan mudik biasanya sudah dilakukan beberapa hari sebelum keberangkatan. Bahkan untuk urusan servis mobil supaya fit, hal ini sudah dipenuhi karena biasanya banyak orang antre di bengkel pada momen tersebut.

Sabtu, 09 Juni 2018 11:15
Foto: Liputan6.com
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Persiapan mudik biasanya sudah dilakukan beberapa hari sebelum keberangkatan. Bahkan untuk urusan servis mobil supaya fit, hal ini sudah dipenuhi karena biasanya banyak orang antre di bengkel pada momen tersebut.

Perbekalan pun sudah lazim dipersiapkan. Namun ada beberapa persiapan lain yang penting dilakukan bahkan sebelum start mudik.

Hal tersebut adalah rencana perjalanan, yang menurut pegiat keselamatan berkendara Robby Prakoso, kini sudah bersifat modern.

"Rencana perjalanan. Kan sekarang lebih modern, pakai GPS," kata dia menekankan hal yang bisa dilakukan dalam pesiapan untuk mudik tersebut.

Perencanaan perjalanan ini antara lain bagi mereka yang akan mudik ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur atau yang bahkan menelusuri Pulau Jawa.

Sebab, jalur di Pulau Jawa terkenal dengan pembagian utara dan selatan. Waktu tempuh di tiap jalur bisa berbeda dengan segala faktornya.

"Lewat utara berapa lama, selatan berapa lama, jadi kita sudah punya rencana perjalanan," ujarnya.

Bukan cuma melihat peta dan segala kemungkinan seperti jalur merah yang menandakan titik-titik kemacetan.

Persiapan dengan mengandalkan GPS seperti di perangkat smartphone juga bisa mengetahui lokasi SPBU untuk memperhitungkan waktu isi bensin dan ketersediaannya di mobil yang akan digunakan untuk mudik.

"Rest area di mana, SPBU di mana, jadi kita sudah siap," kata dia.

YUK MULAI SIAP-SIAP MUDIK!

(kpl/why/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami