Perbesar Ukuran Ban Motor, Apa Dampaknya?

Ternyata mengganti ban motor dengan ukuran yang lebih besar ada efek positif dan negatifnya.

Selasa, 14 April 2020 14:15
Perbesar Ukuran Ban Motor, Apa Dampaknya? Ban motor (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu modifikasi motor yang populer saat ini ialah penggunaan ban yang lebih besar dari ukuran standar motor. Alasan pemasangannya beragam, mulai sekadar mempermanis tampilan hingga menambah performa.

Haninda Candra, pemilik R2 Ban, toko ban motor di Kediri, Jawa Timur, menyebut bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengganti ban motor dengan ukuran yang lebih besar.

"Boleh, tapi harus diperhatikan juga perbadingan ukuran ban dan velg. Jangan sampai ban terlalu besar dibanding velg, maksimal 2 ukuran di atas ban standar. Kalau biasanya 90/90, jadi 110/80," terang Haninda.

 

1 dari 1 Halaman

"Lebih baik kalau memperbesar ukuran ban itu diperlebar. Yang awalnya 90/100, bisa jadi 100/80 atau 110/80. Jadi laju motor bisa lebih stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi," tambahnya.

Ia pun menyebut bahwa ada dampak positif lain ketika mengganti ban motor dengan ukuran yang lebih besar. Selain tampilannya menjadi semakin gagah, ban yang tebal dan besar juga membuat velg tetap aman ketika melibas jalanan berlubang.

"Tapi ada juga efek negatifnya. Akselerasi motor jadi tidak terlalu cepat. Pengendaliannya pun lebih berat, serta konsumsi bahan bakar semakin boros, meski tak signifikan," tutupnya.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami