Perbandingan 4 Mid-Class City Car Papan Atas Indonesia

Mid-Class city car bagi banyak orang merupakan pilihan antara mobil dengan ukuran kecil, tapi dengan banyak fitur dan model yang keren, biasanya sangat diminati anak-anak muda yang menyenangi mobil dengan model stylish

Jum'at, 16 Mei 2014 16:15
Perbandingan 4 Mid-Class City Car Papan Atas Indonesia 4 mid-class city car mana yang terbaik?

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mid-Class city car bagi banyak orang merupakan pilihan antara mobil dengan ukuran kecil, tapi dengan banyak fitur dan model yang keren, biasanya sangat diminati anak-anak muda yang menyenangi mobil dengan model stylish dan di beberapa model dan varian juga berkesan sporty.

Mid-class city car juga digemari karena fleksibilitas dalam penggunaannya. Dalam artian, bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari, perjalanan jarak jauh, maupun dalam tahap yang lebih ekstrim berupa keperluan modifikasi dan balap dengan sama baiknya.

Di sini, beberapa kriteria dari mobil mid-class city car yang akan jadi bahan perbandingan antara lain mesin yang tidak lebih dari 1,5 liter, menggunakan mesin penggerak roda depan serta menggunakan transmisi otomatis.

Di Indonesia sendiri ada beberapa model dan merk Mid-Class city car yang disenangi oleh konsumennya, namun dari banyak model tersebut, terhitung beberapa tahun ke belakang sampai 2014 ini mulai mengerucut pada beberapa nama yang dianggap paling 'populer', tanpa mengecilkan brand yang lain.

Kira-kira mana yang terbaik? Ini dia ulasannya.

1 dari 4 Halaman

Mazda 2 RZ A/T

Mazda 2 RZ A/T

Pertama kali kesan yang keluar pada Mazda 2 hanya satu, futuristik! Melihat tampang, grille, dan headlamp khas ala Mazda 2, tak sulit rasanya buat anak muda jaman sekarang tidak sedikit pun melirik ke Mazda 2.

Mazda 2 keluaran 2013 ini dibalut dengan desain yang berkesan 'seksi' untuk city car, belum lagi saat masuk menuju kokpit dan jok penumpang, hitam elegan memenuhi ruang kemudi.

Kebijakan Mazda memproduksi mobil yang satu ini dengan 7 varian warna berbeda, semakin memberikan keleluasaan pada konsumen untuk memilih warna mana yang paling disenangi, apalagi kesemuanya diproduksi dengan warna yang 'eye catchy'.

Dalam diri Mazda 2 tertanam jantung pacu sebesar 1.498cc 4 silinder dengan 103 hp dan torsi maksimal sejumlah 135 Nm. Saat dipacu, mobil ini mampu mencatat rekor dengan kecepatan 100 km/jam dalam waktu 12,15 detik. Dengan rasio konsumsi BBM 10,6 km/L dalam kota dan 16,4 km/L di luar kota.

Fitur dalam interiornya juga tak kalah menggiurkan, fitur keyless smart entry membuat penggunanya tidak kesusahan dan bingung dengan anak kunci yang ada. Dalam mobil ini, penggunaan on/off engine menggunakan switch. Selain itu juga ada fitur TV/DVD, parking camera, navigasi dan internet dengan modem.

Harga Mazda 2 adalah Rp 246,3 juta

 

2 dari 4 Halaman

All New Toyota Yaris E A/T

All New Toyota Yaris E A/T

Mobil yang dirilis resmi tahun 2014 pada ajang 'Yaris Show Off' ini, memberikan desain ulang yang cukup radikal terhadap modelnya dibandingkan dengan Toyota Yaris lama. terlihat dari model grille, headlamp, serta lekuk tubuh tidak lagi berkesan bulat namun lebih tegas.

Sejatinya All New Toyota Yaris terlihat sekali ingin memanjakan konsumennya dengan interior yang amat menggiurkan, penggunaan jok TRD Sportivo yang berkonsep semi-bucket seat, serta ruang untuk barang di bagian belakang yang tampaknya diberikan perhatian khusus.

All New Toyota Yaris dibekali dengan mesin berukuran 1.497cc 4 silinder, dengan menggunakan bahan bakar bensin. Tenaga dari mobil ini mencapai 109 hp, sedikit saja di atas Mazda 2.

Toyota sendiri juga memberikan banyak fitur kepada konsumen All New Toyota Yaris, berupa Audio Switches pada kemudi yang dibarengi dengan TRD Sportivo Steering, sistem navigasi, penggunaan touch screen dan air gesture pada monitor, serta banyak fitur lainnya.

All New Toyota Yaris tipe E A/T dibanderol seharga Rp 229 juta.

3 dari 4 Halaman

Honda Jazz RS A/T

Honda Jazz RS A/T

Bisa dikatakan Jazz merupakan kompetitor paling senior di antara ke empat mobil yang saling dibandingkan ini. Namun, bukan Honda namanya apabila dari produknya tidak bisa memberikan kesan tersendiri bagi konsumen. Honda Jazz RS selalu bisa masuk dalam memori para konsumen dengan desain eksterior khasnya yang sangat berkarakter.

Secara interior, Jazz adalah yang terbaik, terutama dari segi desain, ergonomi, sampai dengan head unit. Hanya saja, mobil yang satu ini sepertinya harus sedikit 'tahu diri' atas audio yang terkesan biasa saja, sehingga membuat kenikmatan mendengarkan musik tidak terlalu istimewa dibanding kontestan yang lainnya.

Honda Jazz RS dilengkapi dengan mesin sebesar 1.497cc 4 silinder, dengan tenaga yang mengejutkan, paling besar di antara yang lain sebesar 120 hp, dan torsi sebesar 143 Nm. Konsumsi BBM-nya mencapai angka 11,1 km/L dalam kota dan 18,48 km/L luar kota. Saat dipacu untuk berakselerasi, Honda Jazz RS mampu menyentuh angka 100 km/jam dalam waktu 11,17 detik.

Fitur sekunder dalam Honda Jazz RS ini dibuat dengan menjunjung tinggi konsep kepraktisan, banyak cup holder di seluruh kabin, dengan tempat penyimpanan yang banyak serta adanya paddle shift membuat Honda Jazz tetap dianggap 'saingan terberat'.

Honda Jazz RS A/T dihargai sampai dengan Rp 242,5 juta.

4 dari 4 Halaman

New Ford Fiesta 1.0 S A/T

New Ford Fiesta 1.0 S A/T

Produk istimewa yang fenomenal pabrikan Amerika Serikat ini menggebrak pasar mid-class city car dengan Ecoboost nya yang mengejutkan. Perubahan pada eksterior pun juga dilakukan, meskipun tidak ekstrim, tapi terlihat sekali model baru yang lebih ringkas, dan simple elegan. Dengan headlamp yang tetap berkesan tajam.

Interiornya juga terlihat mewah meskipun bukan interior yang jadi barang 'jualan' yang paling utama, tapi dominasi warna gelap memberikan perasaan nyaman pada pengemudinya, fitur kemudi di beberapa varian warna terkesan sporty.

Mesin Ecoboost 998cc pada Ford Fiesta seakan menunjukkan kedigdayaannya, karena meskipun berbeda sampai setengah liter dengan kontestan lainnya, Ecoboost milik Fiesta ternyata merajai baik secara performa maupun konsumsi bahan bakar.

Ford Fiesta mencatat rekor akselerasi lebih baik dari Honda Jazz, yakni saat mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 10,6 detik, otomatis jadi yang terbaik dari yang lainnya. Pun dengan konsumsi bahan bakar yang membuat kompetitor lainnya bertekuk lutut, 12,98 km/L dalam kota dan 21,27 km/L untuk penggunaan luar kota jelas bukan raihan yang 'biasa biasa saja'.

Selain itu fitur climate control, audio steering switch, sensor hujan, hill assist, mode transmisi manual, mode eco, voice command dan traction control, membuat predikat paling mahal dengan harga Rp 250,4 juta sudah pasti terbayar tuntas.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami