Perangi Suku Cadang Palsu, Porsche Punya Tim Khusus

Porsche sampai membuat tim khusus yang bertugas melacak dan memberantas suku cadang palsu Porsche.

Kamis, 08 Agustus 2019 11:15
Perangi Suku Cadang Palsu, Porsche Punya Tim Khusus Porsche (theverge.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Perkembangan di bidang teknologi juga berpengaruh ke dunia otomotif. Kini para pengguna motor dan mobil lebih mudah mendapatkan suku cadang kendaraannya hanya dengan mencari di berbagai market-place.

Namun, hal ini ternyata disalahgunakan oleh sebagaian orang. Ya, mereka memasarkan suku cadang palsu dengan harga yang lebih terjangkau, tapi kualitasnya tentu tak sebaik aslinya.

Menghadapi fenomena tersebut, mengutip dari Motor1.com, Porsche sampai membentuk tim khusus. Setidaknya ada 3 tim yang bertugas melacak, menyita, dan melenyapkan suku cadang palsu Porsche.

Berbagai suku cadang palsu Porsche ternyata banyak beredar di situs jual beli online, seperti Amazon, eBay, dan Alibaba. Sayangnya pembuat barang tersebut masih sulit dilacak.

1 dari 1 Halaman

Kualitas Setara Asli

Kualitas Setara Asli

Menurut sumber yang sama, pada 2018 lalu, tim khusus Porsche ini berhasil mengamankan lebih dari 200.000 barang palsu dan sekitar 33.000 di antaranya adalah suku cadang. Total, nilai seluruh barang tersebut mencapai USD67 juta, setara Rp953,4 miliaran (USD1 = Rp14.230).

"Kadang pemalsuannya sangat mudah diketahui. Barang-barang tersebut lebih murah dari yang asli, atau replika logo Porsche yang mereka buat kualitasnya buruk," ujar Michaela Stoiber, Pengacara Porsche.

"Kadang kami menemukan hewan yang berbeda ada di tengah logo. Sebagai contoh, bukan kuda Porsche, tapi itu adalah domba yang berdiri dengan kaki belakangnya," tambah Michaela.

Porsche memperkirakan 80% dari barang palsu tersebut dibuat di China. Menariknya Porsche menyebutkan ada beberapa perusahaan yang kualitas pengerjaannya nyaris sama dengan produk asli Porsche, mulai dari bahan hingga detailnya.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami